"Lahir Dari Dalam dan Berkembang Bersama Lingkungan"
Inilah filosofi yang dipegang teguh Djarum Foundation semenjak didirikan 30 April 1986 oleh Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono. Mereka berdua memiliki misi memajukan Indonesia menjadi negara digdaya yang seutuhnya.

Djarum Foundation Bakti Sosial

BAKTI SOSIAL DJARUM FOUNDATION

Dalam perjalanannya, Djarum Bakti Sosial yang telah ada sejak perusahaan ini berdiri pada tahun 1951 terus tumbuh bersama dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Dilandasi semangat persaudaran, gotong-royong dan saling tolong-menolong, Djarum Bakti Sosial terus mencoba menjadi yang terdepan dan terus berusaha berbuat semaksimal mungkin bagi kepentingan masyarakat.

Kegiatan Sosial

Beragam kegiatan sosial telah dilakukan oleh Djarum Bakti Sosial sebagai bukti kepeduliannya pada kesejahteraan rakyat Indonesia, diantaranya :

  1. Donor darah
    Merupakan kegiatan kemanusiaan yang rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali oleh seluruh karyawan PT. Djarum bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia. Pada tahun 2010, Djarum Bakti Sosial bahkan memecahkan rekor MURI untuk kategori donor darah dengan peserta terbanyak yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.
  2. Penanganan bencana alam
    Kondisi situasional seperti bencana alam juga menjadi perhatian dari Djarum Bakti Sosial. Dalam bencana alam letusan Gunung Merapi tahun 2010, tim Djarum Bakti Sosial dengan cepat merespon kebutuhan para korban bencana alam di puncak Gunung Merapi bersama dengan LSM terkait. Djarum Bakti Sosial juga membangun Penampungan Air Hujan (PAH) yang punya nilai guna dengan jangka waktu cukup panjang. Bahkan saat ini telah dibangun 100 unit PAH pada lima dusun di daerah Klaten dan Magelang.
  3. Pencegahan demam berdarah
    Untuk meningkatkan kualitas kesehatan, Djarum Bakti Sosial juga secara berkala menyelenggarakan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) jenis Aedes aegypti penyebab demam berdarah dengue. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengajak warga setempat berpartisipasi dalam kegiatan penyuluhan dan perlombaan yang bisa menstimulasi perubahan perilaku agar lebih peduli pada kebersihan dan kesehatan.
  4. Operasi katarak gratis
    Djarum Bakti Sosial juga mengadakan program Operasi Mata Gratis yang diselenggarakan bagi warga penderita katarak yang kurang mampu. Kegiatan ini ditujukan agar para penderita katarak dapat kembali produktif bekerja dan beraktivitas tanpa dihantui gangguan penglihatan. Hingga detik ini, semangat Djarum Bakti Sosial dalam memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia masih terus berkobar.
  5. Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan
    Djarum Foundation memberikan perhatian serius pada upaya peningkatan pelayanan kesehatan. Diantaranya dengan memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga kurang mampu di kawasan desa nelayan dan pemukiman padat penduduk di perkotaan bekerja sama dengan Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI) serta membantu pengadaan alat-alat kesehatan bagi praktik tenaga medis di STIKES St Elisabeth (Semarang, Jawa Tengah), AKADEMI Perawat Ngestiwaluyo, Temanggung, Jawa Tengah.
  6. Peningkatan Kualitas Panti Asuhan
    Djarum Foundation juga melakukan Peningkatan Kualitas Panti Asuhan di Kudus dan Solo, Jawa tengah dengan melakukan perbaikan fisik delapan panti asuhan di Kudus. Selain menambah fasilitas, Djarum Foundation melakukan renovasi agar panti asuhan tersebut tetap terawat, bersih dan rapi. Dalam hal ini, Djarum menggandeng PT Wings Surya, produsen peralatan kebersihan rumah tangga, memberikan pelatihan kepada anak-anak dan pengurus panti tentang 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin). Peningkatan kualitas Panti Asuhan ini juga dilakukan dengan memberikan pelatihan softskill kepada anak asuh agar mandiri dan percaya diri.