“Animal Pop Exam”, Trans Papua & Student Class Musical

Posted : 29 Jul 2017

Animal Pop Family, sebuah komunitas tari yang didirikan oleh salah seorang koreografer ternama putra Papua, Jecko Siompo menghadirkan kegiatan dengan tema “Animal Pop Exam”, “Trans Papua & Student Class Musical”. Kegiatan yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini diselenggarakan di Gedung Kesenian Jakarta pada tanggal 29 Juli 2017.

Animal pop family yang didirikan sejak tahun 2006 dibimbing oleh Jecko Siompo. Ratusan anak asuhnya mempertontonkan keahlian mereka dalam menari yang selalu menjadikan tradisi sebagai pegangan dalam setiap gerakan tarian yang dilakukan.

Pertunjukan animal pop exam mengangkat spirit budaya dari Melanesia yang terdapat di salah satu provinsi di paling timur Indonesia, yakni pulau Papua. Jayapura dan Wamena merupakan kota di pulau paling timur Indonesia, ini menjadi inspirasi terciptanya karya tari yang Berjudul TRANS PAPUA. Pengaruh kesenian tradisional di kota tersebut memberikan kekuatan untuk terus bangkit menciptakan karya-karya kontemporer di masyarakat urban. Gerakan-gerakan yang muncul berawal dari tingkah laku hewan yang ada di kota dengan alam yang indah, masyarakat sederhana, yang tak terlepas dari hempasan tradisi yang abstrak. Sebuah kota diantara gunung dan laut yang sehari-hari masyarakatnya menghabiskan waktu untuk memancing ikan dan bermain sepak bola.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya