Mandala Pantomim Indonesia Cinta : Bengkel Mime ke Timur

Posted : 21 Apr 2018

Bengkel Mime ke Timur adalah tajuk acara dari sebuah program Mandala Pantomim Indonesia Cinta (MPIC), merupakan program kegiatan seni yang berbasis Pantomim. Kegiatan tersebut meliputi pementasan karya pantomim, diskusi dan sharing pengalaman, workshop pantomim, dan membuat catatan perjalanan. Penyelenggaraan MPIC tak hanya berkonsentrasi pada kota-kota di satu pulau saja, melainkan di pulau-pulau yang ada di Indonesia. Program MPIC digagas, dikembangkan dan dilakoni oleh Bengkel Mime sejak tahun 2010 hingga saat ini. Program tersebut telah di selenggarakan di beberapa kota diantaranya : Jogja, Solo, Semarang, Bandung, Batu, Makasar, Padang Panjang, Bali, Lombok, dan Jakarta.

Pada mulanya Program MPIC berangkat dari pemikiran bahwasanya seni pantomim tak hanya berhenti menjadi karya seni di atas panggung. Akan tetapi seni pantomim beserta unsur-unsur yang ada di dalamnya dapat berguna di tengah aktivitas masyarakat. Sehingga seni pantomim lebih berdaya guna dan berkontribusi di berbagai lini kerja kebudayaan, khususnya untuk generasi muda. Maka dari itu Bengkel Mime Theatre merumuskan kerja kreatif  yang berbasis pada metodelogi seni pantomim. Dimana unsur-unsur yang ada dalam seni pantomim seperti gerak, imajinasi, mimik, gestur, ruang dan cerita diolah dan dikembangkan menjadi metode workshop seni pantomim.

Maka dari itu kerja kreatif dalam acara “Bengkel Mime Ke Timur” perlu dihadirkan agar menjadi kerja kreatifitas bersama yang didalamnya ada dialog, pengetahuan, kualitas dan kekuatan untuk terus bergerak untuk kemajuan. Mewujudkan sebuah kehidupan generasi muda yang lebih kreatif, bermutu dan menjadi arti.

Tahun ini, Bengkel Mime Theatre didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation menyelenggarakan program “Bengkel Mime ke Timur”. Jadwal kegiatan adalah sebagai berikut :

Kudus :
Tanggal 21 April 2018, pukul 19.30 WIB, di Balai Budaya Rejosari, Dawe, Kudus.

Ambon :
Tanggal 29 April 2018, pukul 08.30 WIT, di Gedung Morela, Maluku Tengah.
Tanggal 30 April 2018, pukul 15:00 WIT, di Halaman Benteng Amsterdam Hila Kaitetu.
Tanggal 30 April 2018, pukul 20:00 WIT, di Halaman Baileo Hila Maluku Tengah.
Tanggal 01 Mei 2018, pukul 15:00 WIT, di Paatimura ParkAmbon.
Tanggal 02 Mei 2018, pukul 20:00 WIT, di Gedung Asari Alfalah, Ambon.

Kupang :
Tanggal 05 Mei 2018, pukul : 18:30 WIT, di OCD Cafe dan Hostel, Pantai Lasiana, Kota Kupang

Kefa :
Tanggal 07 - 08 Mei 2018, pukul 18:00 WIT, di Universitas Timor (Unimor)
Jl. Eltari No.09, Kefamenanu, NTT.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya