Michael Bambang Hartono Berlaga di Asian Games 2018

Posted : 13 Aug 2018

Pembina Djarum Foundation, Michael Bambang Hartono akan menjadi salah satu atlet Indonesia yang berlaga di pesta olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018. Bambang yang akan genap berusia 79 tahun pada 2 Oktober mendatang, akan turun di nomor super mixed team, dan menjadi atlet tertua kontingen Indonesia di Asian Games 2018.

Kecintaan Bambang pada olahraga yang mengandalkan strategi ini dimulai saat ia berusia 6 tahun ketika orangtuanya tengah bermain bridge di rumah. “Awalnya saya senang menonton papa dan paman  main bridge di rumah. Sampai tiba saatnya saya juga diajak main karena pemainnya kurang. Sejak saat itu, saya jatuh cinta dengan olah raga ini,” ujar Bambang, Sabtu (11/8).

Pria yang menjabat Ketua Dewan Pembina PB GABSI Periode 2014-2018 ini mengurai alasannya untuk terus berkiprah di olahraga ini. “Bridge bisa membentuk seseorang untuk mengasah kemampuan dan mengalisis permainan lawan. Bridge juga membuat kita bisa memetakan kekuatan dan kelemahan lawan. Di satu sisi, kita juga bisa belajar mengambil keputusan yang tepat dalam waktu yang relatif singkat,” tambahnya.

“Dari sisi managemen pun bridge juga berguna, misalnya pekerjaan. Terbukti banyak orang hebat juga main bridge seperti Deng Xiaoping dan Bill Gates,” lanjutnya.

Tak hanya prestasi nasional, Bambang pun tercatat berhasil menyabet berbagai gelar di arena dunia. Di antaranya adalah peringkat ketiga di World Bridge Games Open Team Senior di Tiongkok tahun 2008, peringkat tiga di World Team Championships Open Team Senior di Brasil tahun 2010, meraih perak di kejuaraan World Bridge Championships untuk Piala Senior Bowl dan berbagai kejuaraan lainnya.

Dengan segudang prestasi dan pengalamannya, Bambang percaya diri bisa mengharumkan nama Indonesia di ajang Asian Games 2018. “Saya yakin cabang olahraga bridge bisa menyumbangkan dua medali emas nanti,” tandas Bambang optimis.

Pemerintah pun menjanjikan bonus bagi peraih medali emas Asian Games. Peraih medali emas nomor individu dijanjikan akan mendapat uang Rp 1,5 M, rumah dan diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil. Menanggapi hal ini, Bambang tersenyum.

“Uang itu akan kami sumbangkan untuk pembinaan. Pembinaan itu memang mahal sekali, untuk bisa menghasilkan satu juara,” tutup Bambang.

Indonesia mengerahkan 1,388 orang di Asian Games kali ini. 983 atlet, 396 official dan 80 headquarter yang akan berlaga di 40 cabang olahraga (cabor). Bridge sendiri akan mulai dipertandingkan tanggal 21 Agustus hingga 2 September mendatang di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

 


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya