Wayang Orang Bharata Mempersembahkan Lakon Rahwana Gugur

Posted : 04 Aug 2018

Lakon ini berkisah tentang Gugurnya Rahwana, sang Dasamuka Raja Alengka yang telah menculik istri dari Sri Rama, Dewi Sinta.

Mendengar putranya , Indrajit telah gugur  membuat Raja Alengka turun ke medan laga menghadapi bala tentara dari Ayodya, kerajaan Sri Rama. Dengan sisa prajurit yang dimilikinya Rahwana mencari Sri Rama sehingga terjadi pertempuran antara keduanya. Pertempuran yang telah lama dinanti-nantikan dimana pada akhirnya Sri Rama melihat sosok yang menculik istrinya .

Karena Prabu Dasamuka memiliki Aji Pancasona dan Aji Rawarontek, maka berkali-kali Prabu Dasamuka tewas namun bisa hidup kembali dan setelah hidup kembali, melawan lagi kepada prabu Rama. Melihat kondisi itu Gunawan Wibisana memerintahkan  Anoman untuk mencabut bukit Sumawana.

Kemudian Prabu Dasamuka tewas terkena Pusaka Prabu Rama, Guwa Wijaya dan Anoman cepat-cepat menjatuhkan bukit Sumawana yang telah dicabutnya di atas tubuh Prabu Dasamuka.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya