Bagaimana Seni dan Kreatifitas Menjadi Bekal Generasi Milenial

Posted : 24 Sep 2018

Bakti Pendidikan Djarum Foundation akan menutup rangkaian pemberian Djarum Beasiswa Plus kepada Beswan Djarum 2017/2018 pada Selasa (25/9). Proses panjang seleksi yang dimulai pada April 2017 lalu, hingga pemberian bekal berbagai soft skills (keterampilan lunak) melalui Character Building, Leadership Development, Community Empowernment, Writing Competition dan Vlog Competition akan ditutup dengan puncak soft skills Nation Building.

Nation Building merupakan rangkaian lima hari pembekalan nasionalisme yang ditandai dengan pergelaran seni Malam Dharma Puruhita. Mengusung tema Jejak Kirana Nusantara, Denny Malik kembali didapuk menjadi pengarah seni pertunjukkan yang akan berlangsung kurang lebih dua jam.

“Pasti saya sangat senang kembali dipercaya dan diberikan kesempatan untuk bisa mengarahkan Beswan Djarum kali ini. Ini ketujuhkalinya saya bisa menjadi mentor mereka, dan bagi saya ini seperti menjadi workshop juga, karena setiap tahun saya bertemu dengan siswa yang berbeda, dan juga dengan konsep yang berbeda,” ujar Denny.

Denny pun menjanjikan, ia dan ratusan Beswan Djarum yang berasal dari Aceh hingga Papua akan menunjukkan pertunjukkan musikal yang menarik dan menghibur. “Kami juga akan menampilkan  pementasan yang penuh dengan sentuhan budaya. Jadi tidak hanya modern dan musikal. Kali ini kami membuat tema perjalanan Indonesia dari tiga masa. Mulai dari masa kerajaan, perjuangan hingga masa kini. Ini akan sangat menarik karena penuh dengan pengetahuan sejarah juga,” lanjutnya.

Untuk bisa memberikan pertunjukkan yang akan digelar di Marina Convention Center Semarang, Denny dan Beswan Djarum hanya memiliki waktu empat hari untuk mempersiapkan pertunjukkan.

“Hanya dengan empat hari, dan maksimal lima hari dengan hari H, secara kapasitas dan kualitas mereka adalah anak-anak yang pandai. Ini sangat membantu sekali. Mungkin beberapa memang ada penari, pemain teater atau penyanyi, tapi di sini kita harus benar-benar bisa menyatukan satu interpretasi dan persepsi yang sama. Kita tidak boleh pincang, antara mereka yang sudah biasa dan yang belum sama sekali pernah naik panggung,” ujar Denny.

Denny pun percaya, bahwa dengan pembekalan soft skills yang diberikan oleh Bakti Pendidikan Djarum Foundation, bisa membantu anak-anak muda ini untuk bisa lebih mengembangkan diri mereka di masa yang akan datang.

“Mereka ini adalah generasi yang akan memimpin Indonesia di masa yang akan datang. Dan di usia inilah menjadi peluang kita untuk bisa memberikan pengetahuan yang baik dan benar. Dari berbagai pembekalan soft skills yang ada, saya yakin mereka sudah mendapatkan banyak pembekalan, misalnya saja bagaimana cara memimpin, mengatur suatu acara, cara membuat konsep, cara menjadi creator bahkan dari segi kreativitas dan mental mereka juga terasah,” lanjutnya.

“Ini juga menjadi tantangan bagi saya sendiri, semoga saya bisa memberikan kontribusi yang baik, saya bisa menjadi guru, pengajar dan mentor yang baik bagi mereka. Dan dengan pelatihan seperti ini, suatu saat jika mereka terjun di dunia kreatif, mereka pasti akan teringat dengan proses yang mereka ikuti di program Djarum Beasiswa Plus ini,” pungkas Denny.

Puncak acara Malam Dharma Puruhita bisa disaksikan langsung melalui kanal youtube Djarum Beasiswa Plus, atau bisa diakses langsung di sini. (*)


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya