Roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan 2018, Mengelola Kreativitas dan Produktivitas Dalam Berkarya

Posted : 03 Oct 2018

Bertujuan untuk menumbuhkan seniman-seniman muda di bidang seni pertunjukan Indonesia, Garin Workshop bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menyelenggarakan program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia. Program yang telah berjalan selama 3 tahun ini melibatkan instruktur dari seniman professional yang akan membagi ilmu dan pengalaman menangani proyek seni kolaboratif.

Di tahun 2018 ini, Garin Nugroho berkolaborasi dengan seniman-seniman yang telah dikenal di kancah seni pertunjukan untuk menghadirkan serangkaian program mulai dari, roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan, seleksi Art Project Development Proposal, Pitching Forum, Workshop, Mentoring proses produksi seni pertunjukan terpilih, hingga pementasan yang akan dilakukan di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta.

Sebagai pembuka, Garin Workshop mengadakan roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia yang mempertemukan seniman pelaku seni pertunjukan ternama dengan seniman-seniman muda pelaku seni pertunjukan di berbagai daerah. “Di tahun ke-3 ini, kami akan mengadakan roadshow di Pekanbaru, Solo, Bali, dan Makassar. Roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan ini akan menjadi forum sharing, belajar, dan inspiratif. Dengan topik perbincangan Mengelola Kreativitas dan Produktivitas dalam Berkarya, kami harap program ini dapat membuka wawasan bagi para seniman-seniman muda yang ingin menampilkan karyanya,” ujar Garin Nugroho, pimpinan Garin Workshop.

Salah satu program unggulan ruang kreatif adalah seleksi proposal seni pertunjukan atau Proposal Art Project Development. Program ini membuka kesempatan bagi para seniman muda untuk mengirimkan ide dan konsep kreatif dalam bentuk proposal. Kompetisi Proposal Art Project Development dibuka sejak 1 September – 31 Oktober 2018 dan proposal yang dibuat dapat diunggah melalui website www.indonesiakaya.com/ruangkreatif. Selanjutnya, proposal yang masuk akan diseleksi dan yang terpilih akan berkesempatan untuk mengikuti workshop dengan diwakili oleh pimpinan produksi, dan mendapatkan materi tentang penulisan ide, wawasan teknis, cara membuat dan mengomunikasikan sebuah proposal serta mengelola manajemen dalam sebuah produksi seni pertunjukan.

"Kami melihat bahwa banyaknya potensi karya-karya bagus yang dibuat oleh para seniman muda, namun sulit mendapat kesempatan untuk tampil karena kurangnya kemampuan mempresentasikan konsep dan karyanya ke pihak pendukung. Dengan adanya rangkaian program ini dan adanya proses seleksi terbaik melalui mekanisme pitching forum di hadapan para juri profesional ini, diharapkan menjadi ajang pembelajaran para pimpinan produksi muda dalam mempresentasikan konsep dan karya seni pertunjukannya," tambah Garin.

Kelompok seni yang berhasil lolos dalam pitching forum kemudian akan mendapatkan kesempatan untuk menampilkan karyanya di panggung Galeri Indonesia Kaya pada setiap akhir pekan di bulan Maret 2019. Dalam proses produksinya, mereka akan didampingi oleh para mentor yang sudah berpengalaman untuk berdiskusi ataupun membuka wawasan terhadap karya yang akan ditampilkan nanti.

“Program ruang kreatif ini selaras dengan visi dan misi Bakti Budaya Djarum Foundation untuk turut berperan serta dalam memajukan bangsa dengan menumbuhkan dan meningkatkan kualitas seniman-seniman muda, sehingga proses regenerasi di bidang seni pertunjukan Indonesia tetap ada. Sejak diselenggarakan di tahun 2016, jumlah proposal yang masuk semakin bertambah, dan kualitas produksi dan karya yang ditampilkan para peserta terpilih pun semakin membaik. Kami harap, di tahun ketiganya, semakin banyak lagi para seniman muda yang berpartisipasi dalam program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Dalam roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan yang diadakan di empat kota yaitu, Pekanbaru, Solo, dan Makassar ini menggandeng seniman senior yang ahli di bidangnya seperti, Eko Supriyanto, Rama Soeprapto, Iswadi Pratama, dan Ayu Laksmi. Tak ketinggalan, beberapa peserta terpiih di tahun-tahun sebelumnya pun turut hadir dalam roadshow kali ini, yaitu Otniel Tasman dari Otniel Dance Community, Mila Rosinta dari Mila Art Dance, Maharani dari Maha Dance, dan Meyda Bestari dari Flying Balloons Puppet yang akan berbagi pengalaman dalam mengikuti program ruang kreatif.

Berikut jadwal roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia 2018:

No

Hari & Tanggal

Kota

Tempat

Narasumber

1

Rabu, 12 September 2018

PEKANBARU

Anjungan Idrus Tintin

Garin Nugroho, Ayu Laksmi & Otniel Dance Community

2

Rabu, 26 September 2018

SOLO

Gedung Ketoprak Balekambang

Garin Nugroho, Iswadi Pratama & Flying Balloons Puppet

3

Jumat, 28 September 2018

BALI

Gedung Candra Metu

Garin Nugroho, Rama Soeprapto & Mila Art Dance

4

Rabu, 3 Oktober 2018

MAKASSAR

Gedung Mulo

Garin Nugroho, Eko Supriyanto & Maha Dance

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya