70 Peserta Mendapatkan Pelatihan Intensif dari Para Pengajar Broadway

Posted : 26 Feb 2019

Jakarta, 24 Februari 2019 – Bakti Budaya Djarum Foundation melalui program Ruang Kreatif, mempersembahkan “Indonesia Menuju Broadway” yang diperuntukan bagi para seniman-seniman muda berbakat di Indonesia. Bekerja sama dengan Passport to Broadway, New York, Indonesia Menuju Broadway merupakan sebuah program beasiswa pelatihan bagi seniman muda untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar broadway di Indonesia.

Pendaftaran program Indonesia Menuju Broadway ini telah dibuka mulai 10 – 28 Januari 2019 melalui website www.indonesiakaya.com dan diikuti 672 peserta. Jumlah tersebut kemudian terpilih sekitar 243 peserta yang mengikuti proses audisi bersama para juri yang berbakat dan berpengalaman di dunia seni pertunjukan, seperti Ari Tulang, Garin Nugroho, Andrea Miranda, dan Ufa Sofura. Peserta yang mengikuti audisi sangat beragam, mulai dari pelajar, pekerja seni, lulusan ajang pencarian bakat, penyanyi yang sudah memiliki album, penari, hingga pemain film yang pernah masuk nominasi dan memenangkan Piala Citra. Audisi oleh para juri ini berhasil memilih 70 orang peserta yang berhak mengikuti program intensif bersama para pengajar dari StudentsLive - Passport to Broadway. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 20 - 24 Februari 2019 dan bertempat di Balai Resital Kertanegara, Jakarta.

“Ini merupakan kali pertama bagi StudentsLive, A Global Arts Education Company and Passport to Broadway Internasional bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation dalam program Indonesia Menuju Broadway, sebuah model program pelatihan Broadway Musical Theatre intensif yang akan melatih para seniman muda bercita-cita tinggi dari seluruh Indonesia dalam keterampilan dan pendidikan seni teater musikal. Dalam iklim global yang sulit dan terus berubah ini, StudentsLive - Passport to Broadway merasa terhormat dapat menjalin kerja sama dengan organisasi seperti Bakti Budaya Djarum Foundation dalam meningkatkan pemahaman dan apresiasi akan beragam budaya dan masyarakat seluruh dunia melalui pelatihan studi teater yang begitu universal,” ujar Amy Weinstein, Sutradara Artistik dari StudentsLive - Passport to Broadway.

 Dalam 18 tahun terakhir, StudentsLive - Passport to Broadway telah menarik lebih dari 350.000 peserta dari beragam latar belakang budaya, etnis, dan sosial ekonomi yang berbeda. Mereka terus mendukung pembelajaran alternatif, ragam peluang lintas budaya dan interdisipliner yang diperuntukkan bagi penonton baru serta menciptakan, mengembangkan, mengelola, dan menerapkan kurikulum teater National Standard dan Broadway Educational Workshops and Materials untuk mendukung berbagai sekolah di seluruh dunia melalui pelatihan, perekrutan, dan pengorganisasian dari tim Broadway Artists and Professionals. Program-program ini memungkinkan para pelajar maupun seniman generasi muda untuk menjadikan seni sebagai bagian utama kehidupan mereka dan mampu mengeksplorasi beragam seni, tidak hanya sebagai kegiatan tambahan atau hanya sebagai penonton di dalam sebuah pertunjukan broadway.

“Selama lima hari yang luar biasa, 70 peserta terpilih memiliki kesempatan eksklusif untuk berkolaborasi bersama tim broadway papan atas yang terdiri dari sutradara, direktur musik, koreografer, dan tim pendukung produksi dan panggung broadway. Dalam pelatihan intensif ini, para peserta akan memainkan karya-karya musikal broadway ciptaan penulis dan komposer terbaik dari Amerika Serikat. Dari pelatihan ini, akan dipilih 16 orang yang berkesempatan untuk diberangkatkan ke New York oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan mendapatkan pelatihan di broadway dari para spesialis teater musikal terbaik selama 5 hari pada Juli 2019. Peserta terpilih ini akan melihat langsung pertunjukan broadway, mengikuti tur backstage, melihat proses produksi di belakang panggung dan mendapatkan akses untuk bertemu langsung dengan para artist broadway,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Para seniman dari berbagai bidang seni memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman interaktif melalui program pelatihan teater yang diajarkan oleh para ahli terbaik dan sangat terlatih yang memungkinkan mereka mendapatkan tema pelajaran yang beragam melalui setiap pelatihan yang mereka hadiri. Mereka juga berkesempatan mengikuti pelatihan intensif dari para aktor yang memiliki disiplin yang tinggi, tanggung jawab karir dari para profesional broadway di balik layar, dan banyak sekali keterampilan yang diperlukan dalam kerja sama kolaborasi, komunikasi dan eksplorasi manusia.

Tidak hanya di Indonesia, StudentsLive-Passport to Broadway juga memperluas kerja sama secara global dan menjangkau negara-negara mitra lainnya seperti, Cina, Jepang, Brasil, Guatemala, Korea Selatan, dan Italia untuk menampilkan bentuk seni Teater Musikal Broadway yang unik ini.

Namun, selama proses pelatihan ini, ada 2 peserta yang mengundurkan diri dan ke-68 peserta lainnya tetap melanjutkan proses latihan dan berhak tampil “Broadway Goes to Indonesia” Original Broadway Musical Showcases yang dilaksanakan hari ini.

Berikut adalah nama-ke-16 peserta yang terpilih untuk diberangkatkan ke Broadway:

NO.

NAMA

1

Adyla Rafa Naura Ayu

2

Aldafi Adnan Hutomo

3

Dasrizal

4

Desmonda Cathabel

5

Evelinn Kurniadi

6

Galabby Thahira

7

Gerardo Cristopher Jonathan Tanor

8

Katherine Permatasari

9

Ken Samsara Ajisiwi

10

Lil'li Latisha

11

Muhammad Qardhawi Gad El Haq

12

Ni Made Ayu Raharsini Gurnitha

13

Palka Kojansow

14

Panendra Larasati

15

Putri Indam Kamila

16

Stephanie Mariska Setiawan

 


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya