Kemah Persahabatan Perdana di Cikole

Posted : 15 Jul 2019

Untuk pertama kalinya, program Kemah Persahabatan digelar di Cikole, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Sejak hari Selasa (9/7) hingga Jum’at (12/7) lalu, 153 anak dari 20 panti asuhan binaan Bakti Sosial Djarum Foundation yang berasal dari Kudus, Solo Raya, Pati dan Rembang menjalani program latihan kerja sama di alam terbuka. Mereka harus menjalani berbagai games yang menantang para peserta untuk bekerja sama di dalam tim, memiliki rasa percaya diri, berani, tangguh dan gigih.

“Kemah persahabatan ini pertama kali kami gelar, ini merupakan program pendidikan soft skill untuk melengkapi pendidikan formal yang mereka dapatkan sehari-hari, sehingga kita berharap dengan pendidikan soft skill ini mereka mempunyai kemampuan untuk bersosialisasi dengan teman dari berbagai latar belakang. Selain itu, di Kemah Persahabatan ini mereka diajarkan juga untuk lebih disiplin, dapat menghargai perbedaan, dan lebih cinta tanah air,” ujar Ivana Lie, perwakilan Bakti Sosial Djarum Foundation.

Program ini pun mendapat sambutan  baik dari Ketua Forum Komunikasi Panti Asuhan Kabupaten Kudus, Julal Umam. “Semoga kegiatan ini bisa menjadi ilmu yang berharga, dan bermanfaat sehingga nanti akan menjadi bekal bagi mereka di kehidupan, hingga mereka bisa memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan juga nasionalisme yang tinggi,” ujar Umam.

“Semangat anak-anak juga tinggi dan mereka juga mau mengikuti kegiatan ini, apalagi di kegiatan ini tidak hanya dari satu panti tetapi juga dari berbagai panti. Kebersamaan, cinta pada tanah air hingga menjadi generasi yang bermanfaat, bermartabat dan berdedikasi dan rasa tanggung jawab yang tinggi,” lanjutnya.

Program ini pun disambut baik oleh para peserta. Salah satunya diungkapkan oleh

“Saya bahagia, saya banyak mengenal teman-teman baru. Kami dilatih untuk bisa menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab dan bisa dipercaya,” ujar Maria Gracella Wenny, dari Panti Asuhan (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Marganingsih, Rembang.

“Menambah teman baru, tidak hanya teman yang itu-itu saja. Saya juga banyak belajar dari teman-teman lain, mengenal karakter mereka. Apalagi kami dilatih untuk disiplin, kompak, kerjasama dan saling menghargai,” ungkap Jihan dari Panti Asuhan Aisyiyah, Kudus.

Di akhir program para peserta juga menampilkan bakat mereka di depan teman-temannya, pembina dan pelatih. Mereka menampilkan pencak silat, tarian hingga vokal grup untuk menutup rangkaian program.

Bakti Sosial Djarum Foundation memulai program renovasi infrastruktur di panti asuhan yang berada di Kudus sejak tahun 2014, hal ini dilanjutkan juga di panti asuhan yang ada di Solo Raya, Rembang dan Pati. Selain perbaikan infrastruktur, anak-anak di panti asuhan juga mendapatkan pembekalan kebersihan untuk merawat panti (5R), pembekalan motivasi, serta beasiswa di berbagai SMK binaan Bakti Pendidikan Djarum Foundation di Kudus, hingga akhirnya di tahun 2019 ini, anak-anak panti juga mendapatkan pelatihan di Kemah Persahabatan yang digelar di Zone 235, Cikole, Lembang. (*)

 

 


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya