Roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan 2019

Posted : 21 Aug 2019

Program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia yang digagas oleh Garin Nugroho dan diselenggarakan oleh Bakti Budaya Djarum Foundation bekerja sama dengan Garin Workshop kembali menyapa para seniman muda tanah air. Program yang telah berjalan selama 4 tahun ini dibuka dengan roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan yang mempertemukan pelaku seni pertunjukan ternama dan berpengalaman dengan seniman-seniman muda di berbagai daerah. Pertemuan yang menjadi wadah diskusi, sharing ilmu dari pengalaman yang melibatkan instruktur dari seniman profesional yang membagi ilmu dan pengalaman menangani proyek seni kolaboratif ini diselenggarakan di Medan, Manado, Cirebon dan Banjarmasin.

“Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia ini merupakan program yang bertujuan mengedukasi masyarakat, khususnya pelaku seni agar mengetahui proses awal produksi hingga akhirnya sebuah karya bisa ditampilkan di atas panggung. Porgram ini juga diharapkan mendorong kreator muda yang tergabung dalam komunitas seni untuk mengasah kreativitasnya dan memperkuat sistem pengelolaan manajemen organisasinya. Dari tahun ke tahun, jumlah proposal yang masuk semakin bertambah dan kualitas produksi karya yang ditampilkan para peserta terpilih semakin meningkat. Memasuki tahun ke-4 penyelenggaraannya, semoga semakin banyak para seniman muda yang berpartisipasi dalam program ini sehingga proses regenerasi di bidang seni pertunjukan Indonesia tetap berjalan,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia ini menghadirkan serangkaian program mulai dari, roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan, seleksi Art Project Development Proposal, Workshop, Pitching Forum, Mentoring proses produksi seni pertunjukan. Setelah melalui seluruh proses ini, karya seni terpilih akan dipentaskan di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta pada Maret 2020 mendatang.

Salah satu program unggulan ruang kreatif adalah seleksi proposal seni pertunjukan atau Proposal Art Project Development. Program ini membuka kesempatan bagi para seniman muda untuk mengirimkan ide dan konsep kreatif dalam bentuk proposal. Kompetisi Proposal Art Project Development dibuka sejak 6 Agustus – 6 Oktober 2019 dan proposal yang dibuat dapat diunggah melalui website www.indonesiakaya.com/ruangkreatif. Selanjutnya, proposal yang masuk akan diseleksi dan yang terpilih akan berkesempatan untuk mengikuti workshop dengan diwakili oleh pimpinan produksi, dan mendapatkan materi tentang penulisan ide, wawasan teknis, cara membuat dan mengomunikasikan sebuah proposal serta mengelola manajemen dalam sebuah produksi seni pertunjukan.

“Dari periode-periode sebelumnya, kami rata-rata menerima 300 proposal dari seluruh Indonesia yang menunjukkan pertumbuhan keberagaman karya dan meluasnya peserta dari provinsi hingga pelosok wilayah Indonesia. Program ini menjadi semacam peta bagi komunitas muda seni pertunjukan di Indonesia, tidak hanya proses mencipta namun juga jejaring maupun manajemen organisasi, proses kreatif serta perluasan referensi,” ujar Garin Nugroho, pimpinan Garin Workshop. 

Rangkaian program ini juga dilengkapi dengan proses seleksi karya melalui mekanisme pitching forum di hadapan para juri profesional yang menjadi ajang pembelajaran para pimpinan produksi muda dalam mempresentasikan konsep dan karya seni pertunjukannya. Kelompok seni yang berhasil lolos dalam pitching forum kemudian akan mendapatkan kesempatan untuk menampilkan karyanya di panggung Galeri Indonesia Kaya pada setiap akhir pekan di bulan Maret 2020. Dalam proses produksinya, mereka akan didampingi oleh para mentor yang sudah berpengalaman untuk berdiskusi ataupun membuka wawasan terhadap karya yang akan ditampilkan nanti.

Dalam roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan yang diadakan di empat kota yaitu, Medan, Manado, Cirebon, Banjarmasin ini menggandeng seniman senior yang berbakat di bidangnya seperti Iswadi Pratama dari Teater Satu Lampung dan Ratna Riantiarno dari Teater Koma. Tak ketinggalan, beberapa peserta terpiih di tahun-tahun sebelumnya pun turut hadir dalam roadshow kali ini, yaitu Riyo Tulus Fernando dari Malaydans Studio, Jasmine Okubo dari KitaPoleng, Bathara Saverigadi dari Bathara Dance Project, Meyda Bestari dari Flying Balloons Puppet.

“Setiap pekerja seni sudah sangat mengerti bahwa kreativitas adalah syarat wajib yang harus dimiliki untuk menghasilkan karya seni. Namun, untuk menampilkan hasil karya tersebut ke atas panggung tidak bisa dilakukan sendiri tapi juga membutuhkan manajemen produksi yang tepat dalam proses kreatifnya. Program ruang kreatif ini, diharapkan dapat menjadi forum sharing, belajar, dan inspiratif bagi para komunitas seni dan seniman-seniman muda kreatif di Indonesia untuk mengembangkan keterampilan manajemen produksi serta melatih kemampuan berkomunikasi,” ujar Iswadi Pratama, sastrawan dan maestro teater dari Teater Satu Lampung. 

Berikut jadwal roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia 2019:

No

Hari & Tanggal

Kota

Tempat

Narasumber

1

Selasa,
6 Agustus 2019

Medan

Universitas HKBP
Nommensen

Garin Nugroho,
Iswadi Pratama,
Malaydans Studio

2

Jumat,
9 Agustus 2019

Manado

Wisma Montini

Garin Nugroho,
Ratna Riantiarno,
KitaPoleng

3

Selasa,
13 Agustus 2019

Cirebon

Gedung Kesenian
Nyimas Rarasantang

Garin Nugroho,
Iswadi Pratama,
Bathara Dance Project

4

Selasa,
20 Agustus 2019

Banjarmasin

Gedung Balairung Sari, Taman Budaya Kalimantan Selatan

Garin Nugroho,
Iswadi Pratama,
Flying Balloons Puppet

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya