Asah Kualitas dan Jiwa Kompetitif Atlet Muda, PB Djarum Selenggarakan Liga PB Djarum 2020

Posted : 05 Jul 2020

KUDUS, 5 Juli 2020 – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat berbagai turnamen bulutangkis nasional dan internasional dihentikan sementara waktu. Praktis, saat ini aktivitas para pebulutangkis muda adalah berlatih untuk tetap menjaga stamina hingga pertandingan kembali bergulir. Menyiasati hal ini, PB Djarum menyelenggarakan Liga PB Djarum 2020 yang digelar pada 6 hingga 11 Juli di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, mengatakan bahwa penyelenggaraan Liga PB Djarum 2020 merupakan momentum untuk menjaga dan meningkatkan kualitas para atlet muda PB Djarum. Di samping itu, Liga PB Djarum 2020 juga bertujuan agar para atlet tetap memiliki jiwa kompetitif selama masa pandemi. 

“Dengan tidak adanya turnamen nasional dan internasional, ini adalah kesempatan bagi PB Djarum untuk kembali mengukur kemampuan para atlet muda yang kami miliki. Di samping itu, kejuaraan yang bersifat internal (hanya diikuti oleh atlet PB Djarum) ini, juga untuk menemukan lebih banyak pebulutangkis muda PB Djarum yang berkualitas dan kelak akan membela Indonesia di ajang kejuaraan bulutangkis dunia,” ungkap Yoppy. 

Liga PB Djarum 2020 melibatkan lebih dari 200 atlet muda PB Djarum yang berasal dari kelompok Pemula, Remaja, serta Taruna dan Dewasa baik di sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri serta ganda campuran. 

“Untuk meningkatkan suasana kompetisi, atlet yang memiliki performa tinggi di kelompok usianya, akan kami masukkan di kelompok usia yang lebih tinggi. Begitu pula dengan pasangan ganda yang sudah kuat akan kami carikan partner baru agar mereka lebih adaptif dengan siapapun tandemnya di atas lapangan,” Yoppy menjelaskan.

Liga ini digelar dengan format setengah kompetisi yang mempertemukan setiap atlet satu sama lain demi meraih titel juara. Mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah selama pandemi Covid-19, Liga PB Djarum 2020 digelar tanpa penonton dan juga menerapkan physical distancing selama pertandingan. Untuk itu, pencinta bulutangkis dapat menyaksikan jalannya pertandingan melalui live streaming di channel Youtube PB Djarum (https://www.youtube.com/pbdjarum) pada pukul 08.00 wib mulai Senin (6/7) s/d Sabtu (11/7).

Liga PB Djarum 2020 dipastikan akan berlangsung sengit karena sederet atlet muda berbakat PB Djarum menantang para seniornya yang sudah memiliki pengalaman lebih tinggi di Pelatnas seperti Ihsan Maulana Mustofa dan Alberto Alvin Yulianto. Sementara di barisan atlet muda PB Djarum yang akan unjuk kebolehan pada kompetisi ini diantaranya Ghana Muhammad/Mochamad Raffi dan Berliona Alma/Jovika Vandaria di sektor ganda. Sementara di sektor tunggal, atlet-atlet muda turut serta ialah Ruzana, Mutiara Ayu Puspitasari, Isyana Syahira Meida, Bernadine Anindya Wardana, Gregorius Farrel Frandico, dan Hendry Leander di sektor tunggal baik putra dan putri. 

Pada Turnamen hari pertama, kejutan diberikan oleh Mutiara Ayu Puspitasari. Pemain muda yang masih di kelompok usia U15 ini menantang Raden Roro Widya Aninditya yang berada satu tingkat kelompok usia yakni U17 di kategori tunggal remaja putri .Meski beda usia, Mutiara yang merupakan jebolan Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis tahun 2016 berhasil menang dengan skor 21-6, 15-21 dan 21-16. 

Tak hanya bermain di tunggal remaja putri, Mutiara juga turun di sektor tunggal dewasa dan lagi-lagi meraih kemenangan usai menaklukan Mutia Dita Ainul Baroroh dengan skor 20-22, 21-14 dan 21-18. 

Turnamen ini memperebutkan hadiah berupa deposito dengan total lebih dari 105 juta untuk 17 kategori yang dipertandingkan. Namun bukan hanya itu saja, PB Djarum juga akan memberikan hadiah tambahan kepada pebulutangkis terbaik putra maupun putri berupa lemari es dua pintu.

"Pebulutangkis putra dan putri terbaik dalam Liga PB Djarum, akan dipilih oleh Dewan pelatih tunggal dan pelatih ganda, namun dibawah komando head coach Fung Permadi."  Jelas Yoppy Rosimin.

Meski diadakan untuk menjaga daya kompetitif di masa pandemi, Yoppy yakin Liga PB Djarum 2020 akan memberi dampak positif yang bermanfaat bagi perkembangan kualitas atlet muda PB Djarum di masa mendatang. “Dengan adanya Liga PB Djarum para atlet akan mendapat atmosfir bertanding dari hasil latihan selama empat bulan terakhir. Jika Liga PB Djarum ini bermanfaat bagi atlet, tahun depan bisa kita adakan lagi," tutup Yoppy Rosimin. 


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya