Galeri Indonesia Kaya Ajak Masyarakat Asah Kemampuan Menari dan Menulis Prosa Selama #DiRumahAja

Posted : 07 Apr 2020

Jakarta, 7 April 2020 - Dalam rangka mendukung pencegahan laju penularan Covid-19, Galeri Indonesia Kaya ingin mengajak masyarakat untuk tetap aktif dengan berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan #DiRumahAja. Beberapa kegiatan menarik #DiRumahAja yang diusung oleh Galeri Indonesia Kaya antara lain adalah menari lewat Ruang Kreatif #MenariDiRumahAja serta menulis lewat Ruang Kreatif #ProsaDiRumahAja.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk mengajak dan mendorong para penikmat seni untuk mengembangkan kreativitas serta bergerak aktif walau sedang di rumah. Maraknya pemberitaan mengenai pandemi Covid-19 dan himbauan untuk swakarantina mempengaruhi psikologis kita yang mungkin biasa aktif di luar ruangan. Untuk itu kami menghadirkan ragam kegiatan ruang kreatif yang dapat dilakukan oleh penikmat seni dimana saja. Semoga kegiatan ini dapat memberikan angin segar dan mengalihkan kegelisahan dan juga kecemasan menjadi karya-karya yang dapat menginspirasi masyarakat yang sedang #DiRumahAja,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation. 

Raih Hadiah Dengan Ruang Kreatif #MenariDiRumahAja
Bagi para penikmat seni yang ingin ikut #MenariDiRumahAja, Galeri Indonesia Kaya mempersembahkan sebuah kompetisi Ruang Kreatif #MenariDiRumahAja dengan menarikan gerakan koreografi Indonesia Menari 2018 karya Ufa Sofura. Koreografi ini dibuat untuk acara menari massal di 4 kota Indonesia, dan cocok untuk diikuti baik laki-laki maupun perempuan. Melalui kegiatan ini, para penikmat seni berkesempatan untuk memenangkan hadiah yang disiapkan oleh Galeri Indonesia Kaya.

“Untuk koreo ini, saya mengambil lebih kepada ciri khas dari daerah yang digunakan untuk musik dan karena kegiatan Ruang Kreatif #MenariDiRumahAja menggunakan musik Yamko Rambe Yamko, maka ada gerakan ciri khas dari Papua dan saya kombinasikan dengan gerakan lain yang lebih energik," ujar Ufa Sofura.

Berikut langkah-langkah untuk kompetisi #MenariDiRumahAja yang telah diposting di Instagram@Indonesia_kaya:

  1. Tonton dan pelajari tariannya.
  2. Buat video kamu menarikan koreografi sendirian, sesuai dengan video 1 menit yang ada di akun instagram @indonesia_kaya.
  3. Post video kamu di feed Instagram, tag @indonesia_kaya dan tuliskan tagar #MenariDiRumahAja
  4. Pemenang akan dihubungi langsung oleh pihak Indonesia Kaya!
  5. Berlaku mulai tanggal 5 - 17 April 2020.

Belajar Menulis Dengan Ruang Kreatif #ProsaDiRumahAja
Tidak hanya itu, bagi para penikmat seni yang gemar menulis, Galeri Indonesia Kaya juga memberikan kesempatan untuk belajar cara menulis prosa bagi para penikmat seni. Dengan mengirimkan cerpen karya pribadi untuk diseleksi, penikmat seni yang beruntung berkesempatan mengikuti kegiatan Ruang Kreatif #ProsaDiRumahAja secara online bersama Putu Fajar Arcana (Redaktur Cerpen Harian Kompas) pada 18 dan 19 April 2020 mendatang.

Berikut langkah-langkah untuk kompetisi Ruang Kreatif #ProsaDiRumahAja yang telah diposting di Instagram @Indonesia_Kaya:

  1. Kirimkan sampel tulisan cerpen kamu beserta dengan CV ke ruangkreatif@indonesiakaya.com dengan subjek: Prosa #DiRumahAja Kirim paling lambat tanggal 12 April 2020.
  2. Karya yang telah kamu kirim akan dibaca dan diseleksi kembali.
  3. Bagi 50 peserta yang lolos seleksi, akan dihubungi kembali dan berhak mengikuti kelas online.
  4. Unduh aplikasi Zoom dan tunggu undangan kelasnya.

Bagaimana, semakin tertarik kan untuk mencoba?


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya