Pertama di Indonesia #MUSIKALDIRUMAHAJA Angkat Cerita Rakyat Dengan Kemasan Modern

Posted : 16 Jul 2020

Jakarta, 16 Juli 2020 - Penyebaran virus Covid-19 yang menyebar secara cepat di berbagai negara, termasuk di Indonesia, membuat pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan Social Distancing atau menganjurkan masyarakat untuk membatasi interaksi sosialnya. Keadaan ini berdampak pada semua profesi pekerjaan, termasuk sektor industri kreatif yang menaungi para pekerja seni. Pandemi ini membuat banyak acara seni, khususnya seni pertunjukan panggung yang mengalami pembatalan hingga waktu yang belum ditentukan.

Keadaan ini mengakibatkan hilangnya panggung ruang kreasi bagi pekerja seni. Hal ini mendorong Indonesiakaya.com yang bekerja sama dengan BOOW LIVE untuk menyajikan ruang kreasi virtual bagi para pekerja seni untuk menampilkan karyanya. Untuk pertama kalinya di Indonesia, BOOW LIVE X Indonesiakaya.com mempersembahkan #MusikalDiRumahAja yang menampilkan cerita rakyat Indonesia dengan format online yang dapat disaksikan segera melalui akun YouTube IndonesiaKaya.

“Selama masa pandemi, Indonesiakaya.com telah menggelar berbagai kegiatan bertema #DiRumahAja, mulai dari #NontonTeaterDiRumahAja, #PuisiDiRumahAja, #ProsaDiRumahAja, #WorkshopOnlineDiRumahAja, #BirthdayKonserDiRumahAja, dan sekarang adalah #MusikalDiRumahAja. Semua kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mendukung seni pertunjukan Indonesia dan memberikan hiburan informatif bagi para penikmat seni yang tengah berada di rumah. Pandemi Covid-19 ini mengubah ruang pentas yang identik dengan bangunan fisik kini berpindah dalam ruang virtual dan mendorong para pekerja seni untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru ini agar ekosistem industri seni pertunjukan tetap bertahan. Namun, keterbatasan pertemuan fisik tidak membuat kreativitas juga terbatas. Hal ini dibuktikan dengan para pekerja seni yang tergabung dalam program #MusikalDiRumahAja ini yang meski melakukan seluruh proses produksi di rumah masing-masing, namun menghasilkan suatu karya musikal online yang luar biasa sebagai bukti cinta pada seni pertunjukan Indonesia,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Indonesiakaya.com.

#MusikalDiRumahAja ini mengangkat 6 cerita rakyat Indonesia dan melibatkan 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, serta 44 aktor, aktris dan penari Indonesia yang akan menampilkan karya dengan tampilan yang berbeda. Kegiatan ini menjadi alternatif bagi para pekerja seni untuk tetap berkarya dan mendukung para pekerja seni panggung budaya yang kehilangan mata pencahariannya di masa pandemi ini.

“Keadaan pandemi ini memberikan banyak perubahan dalam hidup kita. Tanpa kita sadari banyak hal yang kita takutkan menjadi kenyataan, namun kita pun belajar untuk beradaptasi dengan situasi baru ini dengan menerima segala kekurangan kita sehingga kita bisa mengasah kembali kelebihan kita. #MusikalDiRumahAja ini menjadi salah satu wadah bagi para pekerja seni untuk tetap berkarya meski dibatasi ruang dan pertemuan fisik. Namun, hal ini justru mendorong kreativitas para pekerja seni dan menghasilkan sebuah karya yang luar biasa,” ujar Bayu Pontiagust yang berperan sebagai produser eksekutif #MusikalDiRumahAja.

Enam cerita rakyat Indonesia yang dibuat dalam dalam kemasan baru ini mengangkat cerita dengan adaptasi dari segi cerita dan penggunaan teknologi secara online untuk kemasan cerita yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pembuatan dari segi cerita mengikuti dari karakter dari sutradara teater dan film beserta genre musik berdasarkan interpretasi masing-masing sutradara. Elemen dari seni teater, seni tari, seni suara dan teknologi film menjadi satu untuk menciptakan karya baru bagi dunia kreatif Indonesia. Semua cerita hampir sebagian besar persiapannya dilakukan secara online dan pengambilan gambar mengikuti aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku.

Cerita rakyat yang ditampilkan juga mengadaptasi ciri khas dari masing-masing pihak yang turut serta sehingga menghasilkan satu cerita dengan tampilan yang berbeda adri cerita lainnya. Ada cerita yang menggunakan studio dengan blue screen dan properti pendukung, mengusung konsep format 9:16 dan penggunaan tempat duduk putih hingga set studio di dalam sanggar dengan properti hutan, daun dan lampu untuk memberikan efek hutan sesungguhnya.

“Kreativitas kolektif dan produksi yang dirancang sedemikian rupa dari para pekerja seni ini akhirnya menghantarkan sebuah karya yang unik dan berbeda namun tetap memuat konten yang padat dengan pesan moral kehidupan zaman sekarang,” tambah Renitasari.

#MusikalDiRumahAja ini juga menjadi panggung virtual pertama untuk para peserta Indonesia Menuju Broadway pasca mendapatkan beasiswa pelatihan untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar broadway di Indonesia dan juga menginjakkan kaki ke jantung industri teater broadway, New York, Amerika Serikat pada 2019 yang lalu. Kegiatan yang menjadi bagian dari program ruang kreatif Indonesiakaya.com dengan berkolaborasi dengan tim broadway papan atas yang terdiri dari sutradara, direktur musik, koreografer, dan tim pendukung produksi broadway.

Dea Panendra yang juga merupakan salah satu peserta Indonesia Menuju Broadway mengaku antusias untuk turut serta dalam #MusikalDiRumahAja ini. “Pandemi Covid-19 ini membuat banyak kegiatan harus dibatalkan namun keadaan ini membuat kepedulian sesama seniman untuk saling bekerja sama semakin terasa, bagaimana caranya kita bisa bertahan melalui keadaan ini namun tetap menghasilkan karya yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Keterbatasan ruang juga mendorong kita juga belajar mengeksplorasi kemampuan diri dan menggunakan rumah menjadi panggung dan memunculkan ide-ide yang akhirnya menghasilkan sebuah karya yang luar biasa. Jangan sampai ketinggalan untuk menonton setiap episodenya ya!” ujar Dea Panendra yang berperan sebagai Ribayah dalam Malin Kundang.

Indonesiakaya.com juga menghadirkan sesi Live IG di akun @indonesia_kaya untuk berbincang dengan para peserta Indonesia Menuju Broadway ini. Berikut terlampir jadwal kegiatan tersebut:

Hari, tanggal

Pukul

Nama Peserta Indonesia Menuju Broadway

Jumat, 17 Juli 2020

19.00 WIB

Galabby Thahira

Lil’li Latisha

Sabtu, 18 Juli 2020

19.00 WIB

Neona

Putri Indam Kamila

Minggu, 19 Juli 2020

19.00 WIB

Gerardo Tanor

Palka Kojansow

Senin, 20 Juli 2020

19.00 WIB

EKI Dance (Nala, Ara, Kris)

Selasa, 21 Juli 2020

19.00 WIB

Gusty Pratama

Beyon Destiano

Rabu, 22 Juli 2020

19.00 WIB

Aldafi Adnan

Desmonda Cathabel

Kamis, 23 Juli 2020

19.00 WIB

Naura

Dea Panendra

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan #MusikalDiRumahAja juga mengajak para penikmat seni untuk mendukung para Pekerja Seni dan penanganan Covid-19 dengan menyalurkan bantuan melalui website https://kitabisa.com/campaign/boowlive dan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran GOPAY/LinkAja/JeniusPay/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Setiap rupiah yang disumbangkan merupakan uluran tangan penuh arti bagi pekerja seni Indonesia.

#MusikalDiRumahAja ini dapat disaksikan secara virtual melalui akun Youtube IndonesiaKaya mulai 23 Juli 2020. Setiap cerita rakyat dimuat dalam satu episode yang akan diluncurkan setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB dan dapat disaksikan secara bebas selama tujuh hari ke depan hingga episode baru diluncurkan.

Berikut adalah jadwal penayangan #MusikalDiRumahAja:

Hari, tanggal
Pukul

Kamis, 23 Juli 2020
20.00 WIB

Judul

MALIN KUNDANG

Sutradara Teater

Rama Soeprapto

Sutradara Film

Pritagita Arianegara

Penata Musik & Komposer

Dian HP

Penulis Naskah

Titien Wattimena

Pemain

Nino Prabowo sebagai Malin Kundang
Dea Panendra sebagai Rubayah
Desmonda Cathabel sebagai Nur
Naura sebagai narator

 

Hari, tanggal
Pukul

Kamis, 30 Juli 2020


0.00 WIB

Judul

TIMUN MAS

Sutradara Teater, Penulis Naskah dan Libretto

Mhyajo

Sutradara Film

Bona Palma

Penata Musik & Komposer

 Aldhan Prasatya

Pemain

Galabby Thahira sebagai Mbok Srini
Gerardo Tanor sebagai Penjaga Pinjaman 756
Karina Salim sebagai Timun Mas Besar
Lil’li Latisha sebagai Peri Hutan “Kalathea”
Neona sebagai Timun Mas Kecil
Palka Kojansow sebagai Penjaga Pinjaman 777
Putri Indam Kamila sebagai Peri Hutan “Dandelion”
Tanayu sebagai Ratu Peri Hutan
Zack Lee sebagai Raksasa Dunia

 

Hari, tanggal
Pukul

Kamis, 06 Agustus 2020
20.00 WIB

Judul

RARA J

Sutradara Teater

Chriskevin Adefrid

Sutradara Teater, Koreografer & Manager Panggung

Venytha Yoshiantini

Sutradara Film

Naya Anindita

Komposer, Penata Musik, Penulis Lirik

 Ivan Tangkulung

Penulis Naskah & Lirik

Titien Wattimena

Pemain

Daniel Ongko sebagai Bandung
Neala Vangelin sebagai Rara J
Damien Errol Jonathans sebagai Workout Influencer
Aldafi Adnan sebagai Mukbang Influencer
Zaya Fadhlillah sebagai Kpop Influencer
Tina Simanjuntak sebagai Mama Rara

 

Hari, tanggal
Pukul

Kamis, 13 Agustus 2020
20.00 WIB

Judul

SANGKURIANG

Sutradara Teater

Maera

Sutradara Film & Sinematografer

Tanta Ginting

Penata Musik & Komposer

 Ava Victoria & Ifa Fachir

Penulis Lirik

Titien Wattimena & Maera

Pemain

Taufan Purbo sebagai Sangkuriang
Kikan Namara sebagai Dayang Sumbi
Bima Zeno sebagai Tumang
Chandra Satria sebagai Radjiman/ Narator

 

Hari, tanggal
Pukul

Kamis, 20 Agustus 2020
20.00 WIB

Judul

BAWANG MERAH BAWANG PUTIH

Sutradara Teater

Sari Madjid

Sutradara Film

Fajar Nugros

Penata Musik & Pencipta Lagu

Haris Pranowo

Penulis Naskah

Titien Wattimena

Pemain

Sha Ine Febriyanti sebagai Bawang Merah & Bawang Putih
Gabriel Harvianto sebagai Ayah Bawang Putih
Netta Kusumah Dewi sebagai Ibu Bawang Merah
Olivia Zalianty sebagai Nenek

 

Hari, tanggal
Pukul

Kamis, 27 Agustus 2020
20.00 WIB

Judul

LUTUNG KASARUNG

Sutradara Teater & Koreografer

Rusdy Rukmarata

Sutradara Film

Nia Dinata

Penata Musik & Komposer

Oni Krisnerwinto

Penulis Naskah

Titien Wattimena & Nia Dinata

Pemain

Eki Dance Company


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya