Djarum Foundation Bersama Kapolda Jawa Tengah Hijaukan Kawasan Wisata Dawe

Posted : 09 Sep 2020

KUDUS, 9 September 2020 – Upaya Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) dalam menghijaukan lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global terus dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Melalui program Djarum Trees For Life, BLDF bekerja sama  dengan Kepolisian Resor Kudus dan Kepolisian Daerah Jawa Tengah menghijaukan sejumlah titik lokasi yang berada di Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah.

Dalam program penghijauan ini total akan ditanam sebanyak 310 bibit pohon yang disumbangkan oleh BLDF. Bibit pohon yang berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) ini didominasi pohon buah-buahan seperti mangga, jambu air, petai, alpukat, durian, gayam, keben, mentega, dan tebueia rosea atau terompet merah. Penanaman dilakukan secara bertahap dan dilakukan di dua lokasi yaitu di area Waduk Logung dan di Desa Kandang Mas. Seluruh kegiatan penanaman ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan.

Dimulainya kegiatan penghijauan ini ditandai dengan seremoni penanaman yang dilakukan di area Waduk Logung pada Rabu, 9 September 2020. Hadir dalam seremoni tersebut Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi S.H., S.St, M.K., Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma, Plt Bupati Kudus HM Hartopo, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., serta Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji.

“Kami sangat mendukung upaya penghijauan yang dilakukan melalui kemitraan antara Polda Jawa Tengah, khususnya Polres Kudus, bersama Djarum Foundation yang sangat peduli terhadap lingkungan melalui berbagai programnya. Kegiatan ini juga menunjukan bahwa kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik, lebih hijau, dan lebih nyaman bagi kita dan generasi yang akan datang,” ungkap Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi.   

Upaya penghijauan yang dilakukan di Kecamatan Dawe ini tidak terlepas dari banyaknya tempat wisata, khususnya wisata alam yang berada di wilayah tersebut. Sebut saja seperti Waterpark Mulia Wisata, Air Terjun Montel, Air Terjun Watu Gompeng, Wisata Alam Ternadi, dan lain sebagainya. Melalui penghijauan, diharapkan bisa meningkatkan keasrian lingkungan dan menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung.  

Menjaga lingkungan agar tetap hijau merupakan kewajiban kita bersama, baik pemerintah, swasta hingga elemen masyarakat. Kawasan wisata yang nyaman dan asri tentu dapat membuat wisatawan bahagia, sehingga mereka tidak segan untuk kembali berkunjung. Selain itu, kami harap kegiatan yang sudah dijalankan bersama Kepolisian Daerah Jawa Tengah dan Djarum Foundation mendorong generasi muda untuk semakin mencintai dan menjaga lingkungan,” ucap Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma.

Sementara itu, Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji menyatakan apresiasi terhadap Jajaran Polda Jawa Tengah dan Polres Kudus yang peduli terhadap keasrian lingkungan, utamanya di Kecamatan Dawe, Kudus. Ia mengatakan, Djarum Foundation berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Penanaman bersama Polda Jawa Tengah ini diharapkan memberi dampak positif yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat luas, khususnya di Kecamatan Dawe, Kudus.

“Ini merupakan salah satu wujud komitmen Bakti Lingkungan Djarum Foundation untuk terus melakukan pelestarian lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global. Kami berkomitmen untuk senantiasa menjalin kemitraan dengan berbagai elemen masyarakat terkait, kami pun menyambut baik kesamaan visi dan misi dari Polda Jawa Tengah dan Polres Kudus untuk sama-sama menjaga bumi demi terus terjaganya lingkungan hidup demi masa depan. Inisiatif ini juga merupakan kelanjutan dari kemitraan Bakti Lingkungan Djarum Foundation dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menghijaukan bumi, yang meliputi penanaman maupun pelatihan perawatan penghijauan,” kata FX Supanji.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya