HADIR DENGAN KONSEP VIRTUAL, INDONESIA MENARI KEMBALI AJAK MASYARAKAT UNTUK MENARI BERSAMA

Posted : 12 Aug 2021

Jakarta, 12 Agustus 2021 - www.indonesiakaya.com tahun ini kembali menghadirkan Indonesia Menari yang mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih dekat dengan tarian tradisional Indonesia yang dikemas secara modern. Indonesia Menari merupakan kegiatan tahunan dari www.indonesiakaya.com yang dimulai sejak tahun 2012.  Pada tahun 2019,  Indonesia Menari sukses dilaksanakan secara serempak di Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang. Namun, pandemi yang melanda seluruh dunia membuat kegiatan ini harus dibatalkan tahun 2020 demi menekan penyebaran COVID-19. Kali ini, penikmat seni dan para pecinta tari dapat kembali turut serta dalam kemeriahan Indonesia Menari 2021 yang akan kembali diselenggarakan secara virtual.

“Selama penyelenggaraan Indonesia Menari, kami melihat besarnya antusias masyarakat di berbagai daerah untuk mengikuti kegiatan ini. Berangkat dari hal tersebut, kami menghadirkan kembali Indonesia Menari yang dapat diikuti secara individu dalam ruang digital untuk memenuhi dan melepas kerinduan masyarakat terhadap kegiatan yang biasanya rutin untuk diselenggarakan setiap tahun dan hanya di beberapa kota besar di Indonesia. Semoga, dengan diselenggarakannya Indonesia Menari secara virtual, semakin banyak penikmat seni dan pecinta tari baru dari berbagai, bahkan seluruh kota-kota lainnya di Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dari rumahnya masing-masing,” ujar Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com.

Indonesia Menari Virtual 2021 ini menggandeng 3 koreografer berprestasi Indonesia dari lintas generasi yaitu  Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura yang menambah keunikan penyelenggaraan tahun ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini hanya dapat diikuti oleh peserta individu. Hal ini sejalan dengan himbauan pemerintah untuk #DiRumahAja, menjaga jarak dan menghindari kerumunan guna menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Dalam program ini, Indonesia Kaya menargetkan sekitar 10.000 pendaftar dari berbagai kota di Indonesia. Para peserta akan menunjukkan kemampuan mereka untuk memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah persembahan www.indonesiakaya.com. Seperti tahun sebelumnya, Indonesia Menari kali ini juga terdiri dari tiga babak, yaitu babak penyisihan, semi final, dan final. Penikmat seni yang tertarik untuk mengikuti Indonesia Menari dapat mengikuti rangkaian Indonesia Menari Virtual 2021 mulai 1 September - 10 Oktober 2021.

Didik Nini Thowok mengungkapkan, “Menjadi koreografer dalam Indonesia Menari Virtual 2021 ini menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan. Saya bersama Eko Supriyanto dan juga Ufa Sofura merupakan tiga koreografer dari generasi yang berbeda. Kami berupaya untuk menciptakan  dan memadukan gerakan dalam genre tarian kami masing-masing dan bertemu secara langsung di Jakarta pada awal 2021 dengan protokol kesehatan yang ketat untuk memadukan tiap koreografi yang kami ciptakan agar menjadi satu tarian yang tentunya Indah, dan mudah untuk diikuti oleh siapa saja. Semoga perpaduan karya kami dapat menjadi tarian yang diminati oleh masyarakat. Tunggu apa lagi, yuk buat videonya, daftarkan dirimu dan mari menari!”

Selain menjadi koreografer dalam Indonesia Menari Virtual 2021, Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura, yang namanya sudah tak asing lagi dalam dunia seni pertunjukan khususnya dunia tari,  juga berperan sebagai juri utama dalam kegiatan ini. Ketiganya akan memadukan tiga genre tarian yaitu tradisional, kontemporer, dan juga modern yang berdurasi 1 menit. Sebanyak 5 lagu daerah yaitu  Suwe Ora Jamu (Jawa Tengah), Apuse (Papua), Indung-Indung (Kalimantan Timur), Rambadia (Sumatera Utara), dan Pakarena (Sulawesi Selatan) akan diaransemen  oleh Eka Gustiwana dan akan mewarnai babak penyisihan Indonesia Menari Virtual 2021.

Penikmat seni maupun pecinta tari yang tertarik dapat langsung mengunggah video di Instagram dan  mendaftarkan diri di www.indonesiakaya.com, berikut adalah kategori peserta perorangan dan periode waktu untuk ikut berpartisipasi dalam babak penyisihan Indonesia Menari Virtual 2021:

  1. Kategori A: Usia 19 tahun ke atas (1 - 5 September 2021)  
  2. Kategori B: Usia 13 tahun - 18 tahun (8 - 12 September 2021) 
  3. Kategori C: Usia 6 tahun - 12 tahun (15 - 19 September 2021)

Dalam babak penyisihan ini, para peserta dapat menarikan koreografi yang dapat dilihat melalui website maupun kanal YouTube IndonesiaKaya mulai 12 Agustus 2021, kemudian mengunggah rekaman tarian sesuai dengan periode waktu dari masing-masing kategori ke akun Instagram pribadi dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

​​-                  Ketentuan Akun Instagram:

1.     Satu akun Instagram hanya untuk satu peserta. Peserta yang tidak memiliki akun Instagram pribadi dapat memakai akun milik orang/institusi lainnya, dengan tetap mengacu peraturan yang sama.

2.     Video harus tetap berada di feed Instagram peserta selama proses Indonesia Menari Virtual 2021.

3.     Tidak mengunci atau memprivate akun Instagram selama proses acara Indonesia Menari 2021. Akun yang terkunci akan otomatis didiskualifikasi.

4.     Follow @indonesia_kaya

 

-        Ketentuan Video:

1.     Wajib menggunakan framing dan musik Indonesia Menari Virtual 2021 Penyisihan yang sudah disediakan pada link https://tinyurl.com/FrameIMV2021

2.     Pengambilan gambar dilakukan secara utuh dengan musik yang sudah disediakan sesuai durasi musik yang ada dan dalam lingkungan yang kondusif (Diharapkan tidak ada suara lain yang mengganggu).

3.     Memastikan koreografi dan musik tersinkronisasi dengan baik.

4.     Pengambilan video dilakukan dengan satu arah dari depan dan tanpa pergerakan (Dapat menggunakan tripod atau sejenisnya).

5.     Pengambilan video dapat dilakukan dengan menggunakan semua jenis perangkat, baik telepon genggam ataupun kamera digital.

6.     Video menangkap semua gerakan dengan jelas tanpa ada bagian tubuh yang terlewat dari batas video.

7.     Hasil kualitas video tidak mempengaruhi penilaian, namun diharapkan dengan kualitas yang baik dan jelas untuk membantu proses penjurian.

8.     Video dapat diambil pada lokasi indoor atau outdoor dengan pencahayaan yang cukup.

9.     Diharapkan video tidak mengandung watermark dari aplikasi penyunting video.

Dalam babak penyisihan ini para peserta juga diwajibkan untuk mencantumkan tagar #MenariDiRumahAja, #IndonesiaMenariVirtual2021 dan tagar sesuai kategori; #IMVKatA (kategori A) atau  #IMVKatB (kategori B) atau #IMVKatC (kategori C). Selain menuliskan tagar, para peserta juga diwajibkan untuk menuliskan Nama Lengkap, Kategori, Asal Provinsi sesuai dengan yang dituliskan pada formulir pendaftaran, dan  kalimat ‘Cinta Budaya, Cinta Indonesia’. Untuk kostum, peserta dapat mengenakan pakaian bertemakan Etnik Modern, kolaborasi baju berunsur etnik dengan sentuhan modern yang nyaman dipakai, tanpa mengganggu  gerak, dan tanpa properti tari.

Setelah mengikuti babak penyisihan untuk diberi penilaian dari tim juri Indonesia Kaya, 100 peserta yang beruntung dari masing-masing kategori dapat mengikuti babak semifinal pada 25 -29 September 2021. Dari 100 peserta, akan dipilih lagi 20 peserta terbaik dari tiap kategori untuk mengikuti babak final pada Minggu, 10 Oktober 2021 dan dapat disaksikan secara virtual di YouTube IndonesiaKaya pukul 13.00 WIB, yang juga bertepatan dengan HUT Galeri Indonesia Kaya yang ke 8 dan Taman Indonesia Kaya yang ke 3.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya