INDONESIA MENARI VIRTUAL 2021 PILIH PULUHAN PENARI TERBAIK DI BABAK FINAL

Posted : 10 Oct 2021

Jakarta, 10 Oktober 2021 - Hari ini, 20 peserta terbaik dari masing-masing kategori dalam rangkaian kegiatan Indonesia Menari Virtual 2021 yang dipersembahkan oleh www.indonesiakaya.com meramaikan babak final. Kegiatan yang juga bertepatan dengan HUT Galeri Indonesia Kaya yang ke 8 dan Taman Indonesia Kaya yang ke 3 ini dapat disaksikan melalui YouTube IndonesiaKaya pukul 13.00 WIB. Didukung oleh Blibli, FOX'S, Krizzi, Yuzu, Caffino, Kopi Tubruk Gadjah, MilkLife, dan 5 Days Croissant, Indonesia Menari Virtual 2021 juga dimeriahkan dengan penampilan dari Rizky Febian, Galabby, Louise serta Jane Callista. Kegiatan yang akan dipandu oleh Dimas Danang dan Feli Sumayku tersebut juga akan menghadirkan Asmara Abigail yang berperan sebagai sebagai juri tamu.

“Rangkaian kegiatan Indonesia Menari Virtual 2021 dimulai dengan babak penyisihan yang diselenggarakan pada 1 - 19 September 2021, dilanjutkan dengan babak Semifinal pada 25 - 29 September, dan diakhiri dengan babak final yang diselenggarakan di tanggal 10 Oktober 2021 ini. Kegiatan Indonesia Menari merupakan salah satu upaya kami dalam memperkenalkan kembali gerakan tari Indonesia sehingga dapat mendekatkan kembali masyarakat dengan budaya Indonesia dengan pengemasan yang lebih menarik, modern, dan kekinian. Kami sangat senang melihat antusiasme yang tinggi dari para peserta yang tak hanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia, namun juga dari beragam usia mulai dari 6 tahun hingga 56 tahun. Hal ini menjadi sebuah harapan dan dorongan bagi kami untuk terus berupaya dalam mendekatkan masyarakat dengan kebudayaan Indonesia,” ujar Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com.

Dalam Indonesia Menari Virtual 2021 ini, www.indonesiakaya.com menggandeng 3 koreografer berprestasi Indonesia dari lintas generasi yaitu Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura yang sekaligus juga berperan sebagai juri utama dalam kegiatan ini. Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, Indonesia Menari Virtual 2021 diperuntukan untuk para peserta individu atau perorangan yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu kategori A untuk peserta yang berusia 19 tahun ke atas, kategori B untuk peserta yang berusia 13 - 18 tahun, dan juga kategori C untuk peserta berusia 6 - 12 tahun.

Ufa Sofura mengatakan, “Menjadi koreografer dalam Indonesia Menari merupakan kesempatan yang sangat menyenangkan. Ini merupakan kali ketiga bagi saya untuk menjadi koreografer dalam Indonesia Menari, setelah sebelumnya saya menjadi koreografer dalam Indonesia Menari di tahun 2018 dan 2019. Melihat antusiasme, kreasi, dan juga penampilan para peserta dalam kegiatan ini memberikan semangat dan harapan bagi saya, Mas Didik Nini Thowok, dan juga Mas Eko Supriyanto selaku trio koreografer dalam kegiatan ini. Semoga perpaduan karya kami dapat diterima dan diikuti dengan baik oleh para peserta dan juga masyarakat Indonesia.”

Pada babak final, seluruh peserta membuat video berdurasi sekitar 3 menit dengan koreografi yang tentunya sedikit berbeda dengan babak penyisihan dan juga semifinal. Koreografi babak final ini juga merupakan kolaborasi dari tiga koreografer ternama yang menggabungkan gerakan dari unsur tradisional dan modern dengan iringan lagu 5 lagu daerah yaitu  Suwe Ora Jamu (Jawa Tengah), Apuse (Papua), Indung-Indung (Kalimantan Timur), Rambadia (Sumatera Utara), dan Pakarena (Sulawesi Selatan) aransemen Eka Gustiwana. Untuk tema kostum tahun ini adalah etnik modern, sopan dan nyaman untuk digunakan dan tidak mengganggu gerakan menari.

Indonesia Menari merupakan kegiatan tahunan dari www.indonesiakaya.com yang dimulai sejak tahun 2012. Pada tahun 2019, Indonesia Menari sukses dilaksanakan secara serempak di Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang. Namun, pandemi yang melanda seluruh dunia membuat kegiatan ini harus dibatalkan tahun 2020 demi menekan penyebaran COVID-19. Kali ini, penikmat seni dan para pecinta tari dapat kembali turut serta dalam kemeriahan Indonesia Menari 2021 yang kembali diselenggarakan secara virtual.

Indonesia Menari Virtual 2021 ini, diikuti oleh lebih dari 9000 orang yang berpartisipasi dalam babak penyisihan. Selain itu 85 persen peserta yang berpartisipasi, merupakan peserta baru pertama kali mengikuti kegiatan Indonesia Menari dan berasal dari kota-kota seperti Aceh, Natuna, Baubau, Jailolo, Labuan Bajo, Nabire dan masih banyak lagi, untuk memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah persembahan www.indonesiakaya.com.

“Untuk penilaian peserta ini ada 3 kategori. Pertama adalah kepenarian, meliputi teknik mulai dari bagaimana berputarnya, melompatnya, posisi tangannya dalam menari. Kedua adalah koreografi yang menjadi penting karena kita sudah memberikan materi koreografi yang menjadi acuan, apakah para peserta mampu tidak melakukan materi koreografi itu secara benar, tidak harus bagus tapi harus benar dan dilaksanakan sebaik-baiknya. Kategori ketiga adalah penjiwaan yang bisa dilihat sejak awal dia menari, apakah dia menjiwai koreografinya dan senang dengan tariannya. Dan dari 9000 lebih peserta yang berpartisipasi Indonesia Menari Virtual 2021 ini penjiwaannya luar biasa karena memang suka dan hobi menari serta menikmati koreografi ini meskipun bukan berprofesi sebagai penari profesional,” terang Eko Supriyanto.

Bagi masing-masing peserta yang berhasil menjadi pemenang dalam kategori favorit dapat membawa pulang total hadiah senilai Rp. 3.500.000 yang terdiri dari uang tunai senilai Rp. 3.000.000 dan plakat dari www.indonesiakaya.com serta, voucher dari Blibli senilai Rp. 500.000. Sedangkan untuk masing-masing pemenang dalam kategori A, B, dan juga C bisa membawa pulang total hadiah senilai Rp. 5.500.000 yang terdiri dari uang tunai senilai Rp.5.000.000 dan plakat dari www.indonesiakaya.com serta, voucher dari Blibli senilai Rp. 500.000. Tak hanya pemenang, seluruh peserta yang lolos ke babak final, masing-masing juga akan mendapatkan mendapatkan voucher Blibli senilai Rp. 500.000.

“Penentuan pemenang ini tidak mudah karena semua peserta yang ikut bagus-bagus. Jadi tugas juri bukan hanya mencari bagus tapi yang terbaik dari yang terbaik. Jadi seluruh peserta yang lolos ke babak final merupakan seluruh peserta yang terbaik, karena kalian berhasil mengalahkan ribuan peserta lainnya. Tetap semangat karena kekalahan itu bukan segalanya tapi harus menjadi pendorong untuk lebih baik lagi kedepannya,” ujar Didik Nini Thowok.

Berikut Ini adalah daftar pemenang Indonesia Menari Virtual 2021:

Kategori Favorit:

  • Kategori C: Zafira Ramadani dari Kalimantan Timur.
  • Kategori B: Keyza A K Setiadji dari DKI Jakarta.
  • Kategori A: Intan Rezky Putri dari Kalimantan Timur.

 

Kategori A:

  • Riswin Saputra dari Sumatera Utara.
  • Sartika Dewi Pratiwi dari Sumatera Utara.
  • Aldi Achdian dari Jawa Barat.
  • Kadek Dwi Saputra dari Bali.
  • Refen Prayo Handa dari DKI Jakarta.
  • Desta Parlina dari Kepulauan Bangka Belitung.

 

Kategori B:

  • Wendy Theodora Hadiputra dari Jawa Timur.
  • Divanda Chessa Putri Maharani dari Jawa Timur
  • Alma Roselynne dari Jawa Barat.
  • Aulia Qurratu Aini Prasetyowati dari DKI Jakarta.
  • Fhellin Tano dari Jawa Timur. 
  • Siti Maysarah dari Riau.

 

Kategori C:

  • Anak Agung Bagus Sri Kesava Dhananjaya dari Jawa Barat.
  • Glovela Rizquenta Hartawan dari Banten.
  • Nuksmarani Sri Cempasari dari Jawa Tengah.
  • Jessica Purboyo dari Jawa Barat.
  • Aleta Mutie Shabyka dari Sumatera Barat.
  • Naurah Thifaliyya dari Sumatera Barat. 

“Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi dan selamat kepada para pemenang Indonesia Menari Virtual 2021. Semoga prestasi yang kalian peroleh, dapat menginspirasi dan menumbuhkan semangat untuk mencintai budaya di tengah-tengah masyarakat,” tutup Renitasari. 


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya