2017 Djarum Sumbangsih Sosial Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis

Posted : 06 Mar 2017

6 Maret 2017- Djarum Foundation kembali bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) D.I. Yogyakarta dan RS Puri Husada Rejodani Sleman menggelar operasi katarak gratis pada 5 Maret 2017.

Kegiatan Operasi Katarak Gratis kali ini berhasil menyembuhkan 28 orang dari kebutaan.   Pendaftar mencapai 53 orang, dengan usia pasien termuda 41 tahun dan tertua 86 tahun, namun yang berhasil melewati tahap screening dan dioperasi sejumlah 28 orang. Penyebab kegagalan pasien yang tidak berhasil lolos tahap screening adalah hipertensi dan diabetes. Hingga penyelenggaraanya ke 54 ini (sejak 2011), kegiatan Operasi Katarak Gratis yang digelar Djarum Foundation telah berhasil membebaskan lebih dari 2000 penderita katarak di 19 kabupaten/kotamadya di Jawa Tengah dan DIY.

Penyebab kebutaan tertinggi di Indonesia masih disebabkan oleh penyakit katarak. Penyakit katarak sebenarnya bisa diantisipasi. Banyak masyarakat yang belum memahami sepenuhnya mengenai katarak dan penyembuhannya, terutama di daerah pedesaan dan terpencil. Akibatnya, banyak pasien terlambat ke rumah sakit. Padahal tingkat keberhasilan operasi katarak cukup tinggi.

“Harapan kami melalui kegiatan Operasi Katarak Gratis ini, agar beban penderita katarak diringankan sekaligus menurunkan jumlah penderita kebutaan akibat penyakit ini. Saya berharap para pasien bisa kembali melihat dan bekerja sehingga mereka dapat kembali produktif”, tutur Program Manager Bakti Sosial Djarum Foundation, Budi Darmawan. Tambahnya lagi, “Kegiatan Operasi Katarak Gratis yang dilaksanakan Djarum Foundation melalui program Djarum Sumbangsih Sosial memiliki tujuan untuk mendukung peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia”


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya