VIDEO: SMK di Kudus Hasilkan Animasi 3D Bertaraf Internasional


Posted : 08 Mar 2016

Liputan6.com, Kudus - Selama ini masyarakat Indonesia banyak disuguhi film animasi dari luar negeri. Namun tahukah Anda, sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah memiliki jurusan animasi yang telah menghasilkan sebuah film animasi 3 dimensi dengan kualitas mendunia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (8/3/2016), Kabupaten Kudus merupakan salah satu daerah industri dan pertanian di Jawa Tengah. Selain keunggulan tersebut, wilayah ini juga memiliki potensi besar dari sektor ekonomi kreatif.

SMK Raden Umar Said di Kudus berhasil menjalankan jurusan animasi dan melahirkan karya animasi 3D berkualitas internasional. Keberadaan jurusan ini sebagai jawaban atas masih minimnya animator lokal, karena kurangnya lembaga pendidikan bidang animasi.

Djarum Foundation Bakti Pendidikan mendukung langkah sekolah ini, dengan memenuhi kebutuhan tenaga ahli di bidang animasi dan sejumlah fasilitas kelas dunia.

Di tahun pertamanya, sekolah ini memiliki 26 murid yang mendapat pengajaran dari pakar animasi berpengalaman dari dalam dan luar negeri.

Para siswa-siswi pun bertekad menjadi animator handal tingkat dunia dan mengenalkan cerita rakyat yang dituangkan dalam karya animasi.

Karya perdana jurusan animasi SMK Raden Umar Said berjudul Pasoa dan Sang Pemberani. Karya animasi 3D itu akan diluncurkan pertengahan tahun ini.

 

 

Sumber:
http://tv.liputan6.com/read/2453949/video-smk-di-kudus-hasilkan-animasi-3d-bertaraf-internasional

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya