Djarum Foundation sukses tanam 41.758 pohon trembesi sepanjang Merak hingga Banyuwangi


Posted : 18 Dec 2015

BANYUWANGI, kabarbisnis.com: Program Djarum Trees For Life "Menanam Trembesi 1.350 KM Merak - Banyuwangi" yang dimulai sejak tahun 2010 oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation telah mencapai puncaknya. Program tersebut mengakhiri rangkaiannya di Banyuwangi selama dua hari, yaitu 17-18 Desember 2015.

Chairman Djarum Foundation, Suwarno M. Serad beserta Fitri Carlina, dan Cakra Khan secara simbolis menyerahkan dan menanam bibit trembesi bersama Pj Bupati Banyuwangi, Zarkasi.

Dalam kesempatan itu, Djarum Foundation menyerahkan bantuan 2.400 bibit Trembesi dan bibit buah mangga serta alat tanam kepada 24 kecamatan di Kabupaten Banyuwangi.

Fitri Carlina menyatakan, dirinya sangat bangga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan Djarum Foundation di Banyuwangi yang merupakan daerah tempat di mana penyanyi itu dilahirkan.

"Mudah-mudahan penanaman pohon trembesi tidak hanya dilakukan di sepanjang pantura Merak-Banyuwangi, melainkan seluruh Indonesia. Untuk itu saya ingin mengajak seluruh saudara-saudara saya, warga Banyuwangi untuk lebih cinta lingkungan dan bergerak aktif dalam pelestarian lingkungan dengan cara menanam pohon untuk masa depan yang lebih baik," ujar Fitri.

Cakra Khan juga mengungkapkan semangatnya bergabung dalam program Djarum Trees For Life. “Very excited karena saya merasa event ini sebagai sebuah kampanye sekaligus ajakan kepada masyarakat akan pentingnya penghijauan di negeri tercinta ini, terlebih setelah kejadian kebakaran hutan akhir-akhir ini. Dan pohon Trembesi sebagai pohon peneduh yang cepat tumbuh besar akan menjadi banyak manfaat untuk kita terutama sebagai salah satu pohon penyerap karbon dioksida terbesar,” kata Cakra Khan.

Setelah melakukan penanaman, Fitri Carlina dan Cakra Khan menghibur masyarakat Banyuwangi dengan tembang-tembang andalannya.

Dalam program "Menanam Trembesi 1.350 KM Merak-Banyuwangi, Bakti Lingkungan Djarum Foundation berhasil menanam trembesi sebanyak 41.758 pohon. Djarum Foundation juga melakukan perawatan selama 3 tahun lamanya di sepanjang 1.350 KM.

Selama 2010, Djarum Trees For Life berhasil menyelesaikan tahap pertama penanaman pohon Trembesi di jalur Pantur Jawa Tengah dengan menanam sebanyak 3.410 Trembesi di sepanjang Kudus – Semarang.

Pada tahun 2011, penanaman dilanjutkan di sepanjang Semarang – pekalongan dengan menanam 2.309 Trembesi dan 4.261 Trembesi di sepanjang Pekalongan – Losari pada tahun 2012. Di tahun 2013 turus Losari – Jakarta dihijaukan dengan 6.679 dan 1.765 untuk turus Jakarta – Merak.

Pada tahun 2014 penanaman dimulai kembali dari kota Kudus menuju wilayah timur Pulau Jawa. 13.233 Trembesi ditanam di jalur Pantura Kudus – Surabaya. Sementara sepanjang tahun 2015 ini penanaman dilanjutkan dengan menanam 9.741 Trembesi untuk turus jalan dari Surabaya hingga Banyuwangi.

Kini Trembesi di turus jalan Kudus-Semarang yang telah berusia 6 tahun dan mulai membentuk kanopi rindang. Tak jarang para pengguna jalan berhenti untuk berteduh. Mereka bahkan turut menjaga Trembesi yang telah ditanam dan menginformasikan kepada Djarum Foundation jika ada Trembesi tumbang karena tertabrak kendaraan misalnya, sehingga dapat segera diganti dengan trembesi baru.

“Di setiap pembangunan ekonomi selalu ada risikonya, antara lain rusak dan merosotnya kualitas lingkungan serta kehidupan sosial. Komitmen Djarum Foundation melalui program Djarum Trees For Life adalah memperbaiki kualitas lingkungan hidup dan juga sosial," ungkap Chairman Djarum Foundation, Suwarno M. Serad.

Jalur Pantai Utara dipilih karena merupakan jalur utama bagi pengendara antarkota di Pulau Jawa. Tanah yang gersang, udara panas serta tingkat polusi yang tinggi menjadi faktor utama penanaman Trembesi dilakukan di sepanjang jalur ini.

Pohon trembesi yang ditanam dan dirawat oleh Djarum Trees For Life di sepanjang jalur ini, kelak diharapkan akan mampu menjadikan jalur Pantura Pulau Jawa teduh sekaligus berfungsi menyerap 1 juta ton gas CO2 setiap tahunnya.

Trembesi yang ditanam pada program ini diambil dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) yang juga didirikan dan dikelola oleh Djarum Foundation. kbc10

 

Sumber:

http://www.kabarbisnis.com/read/2863280/djarum-foundation-sukses-tanam-41-758-pohon-trembesi-sepanjang-merak-hingga-banyuwangi

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya