KLHK Tanam 300 Pohon Di Tol Cipali


Posted : 19 Mar 2016

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menanam 300 pohon di ruas Tol Cikampek - Palimanan.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaksanakan penanaman 300 pohon di ruas Tol Cikampek - Palimanan.

Langkah tersebut direalisasikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Perum Perhutani Regional Jawa Barat, PT Lintas Marga Sedaya (PT. LMS), Djarum Foundation, serta Paguyuban Budiasi.

Adapun, penanaman 300 pohon di interchange Subang Km. 109 Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) dihadiri langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Sabtu (19/3/2016).

Siti Nurbaya, dalam keterangan resmi KLHK, mengungkapkan penanaman dan pemeliharaan pohon menjadi salah satu strategi pemerintah dalam menanggulangi degradasi lahan terutama pada lahan kritis.

Hal tersebut juga bermanfaat dalam pencegahan bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan kekeringan sekaligus meningkatkan serapan karbon.

Pembangunan ruas jalan tol Cipali dinilai telah menciptakan kemudahan akses serta efisiensi waktu dan biaya dalam upaya pengembangan wilayah dan peningkatan ekonomi melalui kemudahan transportasi dan mobilitas orang maupun barang.

Namun dari sudut pandang lingkungan, pembangunan Tol Cipali menyebabkan luasan lahan terbuka bertambah akibat pembukaan lahan kawasan hutan, pertanian, perkebunan serta lahan milik masyarakat sekitar 1.000 Ha.

"Untuk itu, kegiatan penghijauan melalui penanaman pohon di kanan kiri jalan Tol Cipali dapat memulihkan tutupan lahan yang terbuka dan mengembalikan fungsi perlindungan tata air, pengamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol Cipali," ujarnya.

Penanaman pohon di kanan kiri jalan Tol Cipali sebenarnya telah dilakukan sejak November 2015 sepanjang 116,75 Km dengan jenis dominan pohon Trembesi sebanyak 12.979 batang.

Selain itu, telah ditanam pula 1.000 batang pohon seperti mahoni, kayu manis, eukaliptus, nyamplung, pisbol, gmelina, damar maupun cempaka. "Kegiatan penanaman 300 pohon di Interchange Subang Km. 109 Tol Cipali pada hari ini sekaligus memperingati Hari Bakti Rimbawan dan Hari Hutan Internasional 2016," tulis keterangan resmi tersebut.

Siti Nurbaya berharap penanaman di kanan kiri jalan dan interchange Tol Cipali ini dapat menghasilkan ruang terbuka hijau (RTH) yang berfungsi optimal.

"Dengan demikian maka dapat memperbaiki dan menjaga iklim mikro, menambah nilai estetika kawasan, meningkatkan resapan air tanah, menciptakan keseimbangan dan keserasian tata ruang kota serta mendukung pelestarian keanekaragaman hayati," ujarnya.

Vice President Director Djarum Foundation FX. Supanji mengatakan pihaknya turut menanam pohon trembesi di sepanjang Tol Cipali. Kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian, tanggung jawab serta komitmen Djarum Foundation terhadap lingkungan untuk mengurangi efek pemanasan global dan menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi Indonesia di masa depan.

“Partisipasi BUMN, swasta dan masyarakat akan sangat berarti dalam pemeliharaan lingkungan di sepanjang jalan tol. Djarum Foundation merawat pohon-pohon yang ditanam ini untuk 3 tahun kedepan,” kata dia.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya Hudaya Arryanto menjelaskan pihaknya selaku pengelola Tol Cipali berterima kasih kepada pemerintah dan pihak swasta lainnya yang telah berpartisipasi melakukan penanaman pohon di Tol Cipali.

“Kami percaya kegiatan ini dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan para pengguna Tol Cipali, dan juga akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar," jelasnya.

Hudaya menambahkan bahwa penanaman pohon akan meningkatkan keamanan jalan tol karena dapat mengurangi tiupan angin samping, dan berkontribusi dalam menciptakan iklim yang lebih sejuk.

Lintas Marga Sedaya sejauh ini pun telah melakukan penanaman lebih dari 16.000 pohon di sepanjang jalan Tol Cipali yang terdiri atas berbagai jenis pohon, antata lain Cemara Angin, Kamboja, Damar, Kenari, dan Pinus.

 

 

Sumber:

http://industri.bisnis.com/read/20160319/99/529760/klhk-tanam-300-pohon-di-tol-cipali

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya