Pertama Kali, Opera Klasik Dunia 'Carmen' Hadir di Indonesia - lifestyle.liputan6.com


Posted : 07 Apr 2016

Liputan6.com, Jakarta Carmen merupakan opera klasik karya komposer Perancis, Georges Bizet. Opera ini sangat populer dan paling sering diangkat ke atas panggung opera di dunia.

Carmen berisi empat babak yang menceritakan kisah tragis perbutan hati wanita gipsi. Opera yang pertama kali dipentaskan di Paris pada tahun 1875 ini akan kembali dihadirkan oleh The Resonanz Music Studio (TRMS), didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, dan digelar pada 16 dan 17 April 2016 di Ciputra Artpreneur.

Dengan latar belakang Spanyol di abad ke 19, The Resonanz mengangkat kisah ini berdasarkan naskah aslinya dan arahan dari Jos Groenier, seorang sutradara opera asal Belanda. Produksi ini juga melibatkan pelatih vokal bernama Brian Masuda yang melatih pelafalan naskah Carmen yang berbahasa Perancis untuk seluruh penampil. Hal lain yang menjadikan pertunjukkan ini menarik adalah hadirnya Happy Salmasebagai penutur cerita yang akan membantu penonton untuk menikmati opera ini.

Melibatkan koor dalam jumlah besar, seperti Batavia Madrigal Singers dan The Resonanz Children's Choir, opera Carmen ini juga akan dilengkapi dengan iringan musik dari Jakarta Concert Orchestra dan tatanan multimedia, suara, cahaya dari Taba Sanchabachtiar, Sadat Effendy, dan Iwan Hutapea.

Opera Carmen ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun yang ke 20 dari Batavia Madrigal Singers dan Avip Priatna, selaku Direktur The Resonanz Musik Studio berharap bahwa opera ini dapat menyusul kesuksesan dari opera Samson et Dalilakarya Camille Saint Saens yang ditampilkan untuk memperingati ulang tahun ke 10 dari Batavia Madrigal Singers di tahun 2006.

"Keinginan saya untuk menampilkan sebuah opera yang menarik dan belum pernah dipentaskan di Indonesia secara keseluruhan dan berdasarkan naskah aslinya, sebenarnya sudah lama. Dalam kurun waktu tersebut, saya mencari opera mana yang memiliki kualitas Eropa, asal mula berkembangnya opera. Setelah berdiskusi dengan banyak orang, saya tertarik untuk mengangkat Carmen. Selain indah, opera ini juga dapat mengedukasi banyak orang," papar Avip, ketika ditemui oleh tim liputan6.com di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia Shopping Town.

Opera ini akan diadakan pada tanggal 16 pukul 19.30 WIB dan 17 pukul 16.00 di Ciputra Artpreneur, Ciputra World 1, Kuningan, Jakarta Selatan.

 

Source. http://lifestyle.liputan6.com/read/2476931/pertama-kali-opera-klasik-dunia-carmen-hadir-di-indonesia

 

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya