Trembesi dan Tabebuya Bakal Mempercantik Tol Trans Jawa di Jawa Timur - Kompas.com


Posted : 06 Dec 2018

SIDOARJO, KOMPAS.com - Sebanyak 8.400 pohon trembesi akan ditanam di sepanjang ruas tol Trans Jawa di wilayah Jawa Timur. Selain pohon trembesi, juga disiapkan 650 bibit pohon tabebuya, untuk menambah cantik ruas jalan Tol Trans Jawa.

Penanaman pohon dilakukan oleh Djarum Fondation untuk mengurangi dampak pemanasan global dan sebagai upaya menghijaukan jalur tol yang belum lama ini beroperasi. Vice President Djarum Vondation FX Supanji mengatakan, ribuan pohon trembesi itu akan ditanam di sepanjang ruas tol Surabaya-Mojokerto (36 kilometer), ruas tol Gempol-Pasuruan (34 kilometer), dan ruas tol Kertosono-Ngawi.

"Kami akan merawat selama 3 tahun sampai batang pohon dirasa cukup besar. Perawatan meliputi penyiraman, pemupukan, pemangkasan, atau penggantian bibit baru jika ada yang rusak," katanya usai prosesi simbolis penanaman pohon trembesi di Alun-Alun Sidoarjo, Rabu (5/12/2018) sore.

Pohon trembesi dinilai sangat efektif menyerap gas CO2. Trembesi juga disebut pohon hujan, karena memiliki ketinggian hingga 20 meter dan memiliki tajuk yang lebar. "Satu batang trembesi dewasa katanya bisa menyerap 28 ton CO2 per tahun," terang Supanji.

Selain pohon trembesi dan tabebuya, Djarum Fondation, kata Supanji, juga menyiapkan pohon berbunga dan berbuah lainnya untuk ditanam di tol Trans Jawa di wilayah Jawa Timur, seperti 200 bibit kepoh, dan masing-masing 100 bibit flamboyan, maja, tanjung, eucalyptus, bunga kupu-kupu, ketapang, dan salam. "Pohon-pohon tersebut akan ditanam pada ruas interchange, rest area, dan kantor pengelola jalan tol," pungkasnya. 

Source

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya