14 Komunitas Seni Terpilih Akan Tampil Di Galeri Indonesia Kaya - RMOLJateng.com


Posted : 07 Dec 2018

Program yang telah berjalan 3 tahun ini melibatkan instruktur dari seniman profesional yang akan membagi ilmu dan pengalaman menangani proyek seni kolaboratif. Rangkaian dimulai dari roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan, Art Project Development Proposal, Pitching Forum & Workshop, dan Mentoring proses produksi seni pertunjukan terpilih, sampai pada Panggung Ruang Kreatif.
 
"Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia yang konsisten diselenggarakan sejak tahun 2016, senantiasa menghasilkan seniman muda dan komunitas seni dengan ide, gagasan, karya seni yang bagus dan menginspirasi," ungkap Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian kepada RMOL Jateng Jumat (7/12).

Renitasari menjelaskan, melalui rangkaian program ini para peserta diberi wawasan untuk menyusun proposal seni yang baik dari para mentor berpengalaman. Program diharapkan dapat menjadi wadah bagi seniman-seniman muda, guna menumbuhkan dan menunjukkan berbagai kreativitas yang dimiliki di bidang seni pertunjukan. 

"Proposal Art Project Development merupakan salah satu program unggulan dari ruang kreatif. Program ini membuka kesempatan bagi para seniman muda untuk mengirimkan ide dan konsep kreatif dalam bentuk proposal. Kompetisi Proposal Art Project Development telah dilakukan di bulan September �" Oktober lalu. Dari sebanyak sekitar 400 proposal yang masuk, dipilihlah 30 proposal terbaik yang kemudian mendapat kesempatan untuk mengikuti workshop di Galeri Indonesia Kaya dengan diwakili oleh pimpinan produksi komunitas seni," jelasnya. 

Pimpinan Garin Workshop Garin Nugroho menambahkan, para pimpinan produksi mendapatkan materi tentang penulisan ide, wawasan teknis, cara membuat dan mengomunikasikan sebuah proposal serta mengelola manajemen yang dibutuhkan dalam sebuah produksi seni pertunjukan. Di tahun ke-3 ini, semakin banyak proposal yang masuk dengan ide dan karya-karya bagus yang dibuat oleh para seniman muda. 

"Dengan adanya rangkaian program dan adanya proses seleksi terbaik melalui mekanisme pitching forum di hadapan juri profesional, maka terpilihlah 14 komunitas seni yang berhasil mendapatkan kesempatan untuk menampilkan karyanya di Galeri Indonesia Kaya pada bulan Maret-April 2019. Dalam proses produksinya, mereka akan didampingi oleh para mentor yang sudah berpengalaman untuk berdiskusi ataupun membuka wawasan terhadap karya yang akan ditampilkan nanti,” pungkas Garin. [hen]

Source

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya