PB Djarum Konsisten Pada Pembinaan Pemain Muda - olahraga.kompas.com


Posted : 31 Jan 2019

JAKARTA, Kompas.com -  Klub bulu tangkis PB Djarum  menurunkan pemain muda untuk menimba pengalaman dalam laga Djarum Superliga 2019 yang akan berlangsung di Sabuga, Bandung pada 18-24 Februari 2019.

Di nomor beregu putera, Djarum mengandalkan kekuatan pada para pemain binaan sendiri.  Bahkan di nomor tunggal, para pemain yang tampil adalah pemain muda  Ikhsan Leonardo Rumbay dan Alberto Alvin Yulianto yang akan mendampingi senior mereka, Ihsan Maulana Mustofa dan  pemain "reborn" Shesar Hiren  Rhustavito.

Pelatih PB Djarum, Christian Hadinata mengatakan keputusan menurunkan pemain muda binaan sendiri merupakan kebijakan dari pengurus yang ingin menekankan pada percepatan pematangan pemain muda. ""Dengan turun di ajang Superliga ini, para pemain muda kami mendapat kesempatan  menghadapi  pemain-pemain nasional mau pun dunia, seperti Jonatan Christie, Ginting atau pun Vincent Wong Wing Ki,"kata Christian.

Karena itulah Christian mengatakan tdiak ada target atau keharusan bagi Djarum untuk menjadi juara. "Kami tentunya ingin lolos ke babak semifinal dan berharap akan mendapat lawan yang berat sebagai latihan sparring buat para pemain muda kami,"lanjut mantan peamin dan pelatih nasional ini.

Meski tak memberi beban target, namun Christian  mengatakan tetap berharap para pemain muda ini akan memberi perlawanan kepada lawan-lawan mereka yang lebih berpengalaman. "Tentu kami tidak ingin kalah dengan mudah atau telak. Kami berharap mendapat poin dari Kevin (Sanjaya Sukamuljo) dan para pemain pengalaman lainnya seperti Mohamad Ahsan, Berry (Angriawan) dan Praveen Jordan,"lanjut Christian.

Menurut Chrsitian, Kevin akan menjadi andalan meraih poin baik dipasangkan dengan siapa pun, termausk Mohammad Ahsan, Berry atau pun Praveen. "Kevin ini tipikal orang yang terbuka dan tak pernah mau terbebani dengan pikiran. Jadi dipasangkan dengan siapa pun, dia tetap akan tampil maksimal untuk mencapai kemengan. Dengan Ahsan, sebenarnya keduanya sama-sama tipikal bermain cepat, hanya Ahsan memang sudah agak mendurun karena faktor usia,"lanjut Christian.

Sementara di nomor beregu puteri, PB Djarum akan diperkuat pemain asing, Michele Li.  Selebihnya, tim ini menurunkan para pemain junior atau baru lepas dari junior seperti Dinar Dyah Ayustine, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto dan Mychelle Chrystine Bandaso. ïni juga para pemain binaan PB Djarum sepenuhnya," kata Christian.

Christian membantah PB  Djarum mencoba meminta pemain legendaris, Liliyana Natsir untuk membela klubnya untuk terakhir kalinya di ajang  Djarum Superliga ini. "Tidak ada pikiran atau usulan ke arah situ. Biarlah para pemian muda menjadi dewasa di lapangan dengan menghadapi lawan yang berat. Juga biarlah Butet menjalani rencana pensiunnya dari bulu tangkis dengan tenang dan sesuai rencana."

Ketua Dewan Penasihat Djarum Foundation, Yan Haryadi Susanto mengatakan smenagat mengadakan Dajrum Supertliga Badminton adalah  menyadari perlunya sarana bagi pemain muda untuk  menambah wawasan dan skill di dalam dan lura lapangan.

"Kami menginginkan para pemain muda Indonesia mendapat kesmepatan berlaga di tingkatan dunia tanpa harus pergi jauh-jauh keluar negeri," kata Yan Haryadi.

Berikut pemain PB Djarum:
Putera
1. Ihsan Maulana Mustofa
2. Shesar Hiren Rhustavito
3. Ikhsan Leonardo Rumbay
4. Albert ALvin Yulianto
5. Kevin Sanjaya Sukamuljo
6. Mohamad Ahsan
7. Berry Angriawan
8. Akbar Bintang Cahyono
9. Bagas Maulana
10. Praveen Jordan

Puteri
1. Michele Li
2. DInar Dyah Ayustine
3. Aisha Galuh Maheswari
4. Alifia Intan Nurrokhim
5. Agatha Imanuella
6. Siti Fadia Silva Ramadhanti
7. Vania Arianti Sukoco
8. Tania Oktaviani Kusumah
9. Ribka Sugiarto
10. Febriana Dwipuji Kusuma
11. Mychelle Chrystine Bandasso

 

Source. https://olahraga.kompas.com/read/2019/01/31/16092308/pb-djarum-konsisten-pada-pembinaan-pemain-muda

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya