Waspadai Demam Berdarah, Warga Timbang Diajak Jaga Kebersihan Lingkungan


Posted : 18 Feb 2019

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Segenap warga Desa Timbang, Kecamatan Kejobong diminta tetap menjaga kebersihan lingkungan. Terlebih pada saat musim hujan seperti ini, munculnya penyakit demam berdarah perlu diwaspadai. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Soegiyono, dalam acara pembukaan Pelayanan Medis Masyarakat Jawa Tengah yang diprakarsai Djarum Foundation dan Yayasan Bina Insan Negeri (YBIN), di Balai Desa Timbang, Sabtu (16/2).

Soegiyono memaparkan, di beberapa wilayah Purbalingga telah tejadi kasus demam berdarah. Untuk itu, pihaknya mengajak kepada masyarakat di Desa Timbang lebih waspada. ''Kami berharap kepada warga, ibu-ibu dan karang taruna untuk mengantisipasi dengan pemberantasan sarang nyamuk,'' terang Soegiyono, yang mewakili Plt Bupati Purbalingga.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 635 warga mendapat pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis. Dengan sabar warga menunggu giliran dipanggil petugas untuk diperiksa oleh tim medis. Ada 10 tenaga medis yang memeriksa satu persatu kondisi kesehatan warga. Mayoritas warga yang berusia manula, setelah diperiksa kesehatannya mengeluhkan nyeri pada sendi, kolesterol tinggi dan hipertensi. Ada pula yang terkena Ispa, keluhan mata dan gula darah. Mereka diberikan resep untuk menebus obat-obatan dengan cuma-cuma.

Sementara itu, Koordinator YBIN, dokter Mada Gautama menambahkan, derajat kesehatan warga memang masih perlu ditingkatkan. Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas kesehatan masyarakat adalah, pola hidup yang kurang teratur.

''Selama banyak warga yang kurang peduli akan kesehatan dirinya sendiri. Kami berharap, mulai sekarang siapa saja secara rutin memeriksakan diri ke puskesmas, sebagai tindakan preventif untuk mencegah sakit yang lebih parah,'' harap dokter Mada.

Sedangkan Perwakilan Djarum Foundation, Arvi Oktaviendra menyatakan, kegiatan tersebut merupakan satu rangkaian dari program bakti sosial yang telah dilakukan secara berkesinambungan. Tujuannya untuk membantu warga dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

''Dalam bidang pelayanan medis, sampai saat ini sudah lebih dari 55 ribu orang yang terlayani. Sesuai dengan tema pada acara yang digelar ini, yakni Berbagi Itu Indah, kami juga berharap kegiatan ini juga bisa bermanfaat bagi masyarakat,'' pungkas Arvi.

source:https://www.suaramerdeka.com/news/baca/168326/waspadai-demam-berdarah-warga-timbang-diajak-jaga-kebersihan-lingkungan

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya