Program Layanan Medis, Lebih Utamakan Tindakan Preventif - suaramerdeka.com


Posted : 27 Jul 2019

REMBANG, suaramerdeka.com - Tindakan preventif dan promotif pada pelayanan kesehatan masyarakat diangap lebih tepat. Selain  selaras dengan program pemerintah dibidang kesehatan. Preventif atau tindakan pencegahan dan kampanye kesehatan akan membawa dampak yang lebih baik di masa mendatang.

Koordinator Yayasan Bakti Insan Negeri (YBIN), dokter Mada Gautama mengatakan, pada pelayanan kesehatan memang ditekankan tindakan preventif dan promotif atau penyuluhan kesehatan. Selain bisa menekan biaya apabila dibandingkan dengan serangkaian kegiatan
pengobatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit (kuratif).

''Harapannya bisa meningkatkan taraf hidup dimasyarakat menjadi lebih baik. Misalnya masyarakat sudah sadar dengan pola hidup sehat, makanan asupan bergizi sayur dan buah-buahan, serta mengecek rutin kesehatannya,'' papar dokter Mada, di sela pelayanan medis warga Jawa Tengah yang bekerja sama dengan Djarum Foundation, di halaman depan Masjid Nurul Huda, Desa Criwik, Kecamatan Pancur, Rembang, Sabtu (27/7).

Sementara itu, dalam acara pelayanan medis yang diikuti sekitar 735 warga Desa Criwik dan sekitarnya. Setelah melalui pemeriksaan oleh sepuluh tenaga medis, beberapa pasien tercatat kadar kolesterol darah yang tinggi, asam urat dan gula darah. Mereka diberikan penyuluhan singkat, temasuk makanan yang harus dihindari. Serta pemberian obat sesuai yang diresepkan.

Perwakilan Djarum Foundation, Arvi Oktaviendra menambahkan, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Menurut Arvi, kegiatan pelayanan kesehatan merupakan salah satu program CSR yang rutin dilakukan di berbagai
pelosok wilayah Jawa Tengah dengan mendatangi warga langsung.

''Sudah beberapa tempat kami kunjungi untuk melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan. Tujuan kami hanya ingin membantu meringankan beban masyarakat, dalam hal ini di bidang kesehatan. Salah satunya dengan mengadakan pelayanan medis seperti saat ini di Desa Criwik,'' terang Arvi.

Sedangkan Kepala Desa Criwik, Sukardi, sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Pihaknya merasa bersyukur, karena desa di wilayahhnya itu, bisa menjadi tempat diselenggarakan pengobatan, pelayanan medis. ''Kegiatan ini barangkali bisa menjadi percontohan untuk daerah-daerah lain. Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya,'' ungkap dia.

 

 

 

Source. https://www.suaramerdeka.com/news/baca/191180/program-layanan-medis-lebih-utamakan-tindakan-preventif

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya