Audisi Umum PB Djarum Bandung Loloskan 24 Anak ke Final - bola.republika.co.id


Posted : 31 Jul 2019

Mereka akan menjalani laga final di Kudus pada November mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Audisi Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 di kota pertama, Bandung, Jawa Barat, telah selesai pada Selasa (30/7) sore WIB. Dalam rangkaian audisi yang dilaksanakan di GOR KONI sejak Ahad (28/7) ini, sebanyak 24 anak berusia di bawah 13 tahun lolos ke babak final.

Ke-24 anak ini lolos setelah bersaing dengan ratusan pelamar beasiswa lainnya. Tercatat, pada hari pertama ada 704 anak baik putra maupun putri mendaftarkan diri untuk ikut audisi di kelompok U-11 dan U-13.

Tim Pencari Bakat PB Djarum kemudian melakukan penyaringan (screening) sebagai tahap pertama. Tim tersebut terdiri dari para legenda bulu tangkis Indonesia dan pelatih PB Djarum. Mereka adalah Christian Hadinata, Fung Permadi, Lius Pongoh, Denny Kantono, Yuni Kartika, Sigit Budiarto, Hastomo Arbi, Liliyana Natsir, Engga Setiawan, Bandar Sigit Pamungkas, Sulaiman, dan Nimas Rani. Pada tahap ini, para atlet bertarung melawan seusianya dalam laga berdurasi 10 menit.

Hasilnya, 224 anak lolos ke tahap berikutnya. Pada tahap kedua, Senin (29/7), 224 anak ini diadu dengan sistem gugur (turnamen). Kemudian, tersaringlah 48 anak yang sukses melaju ke tahap akhir. Pada hari ketiga, 48 anak ini kembali diadu. Total, ada 12 anak yang berhasil mencapai audisi final Kudus via tahap ketiga ini.

Selain mereka, PB Djarum memberikan Super Tiket kepada 12 anak yang tak lolos tapi dianggap punya kelayakan ikut ke Kudus. Sehingga, audisi Kota Bandung memberangkatkan 24 atlet cilik ke Kudus untuk memperebutkan tempat di PB Djarum. Fase yang menentukan diterima atau tidaknya para atlet ke PB Djarum ini akan berlangsung pada tahapan final audisi tanggal 20-22 November 2019.

Di sana, 24 atlet cilik terbaik audisi di Ibu Kota Jawa Barat ini akan diadu dengan wakil dari wilayah audisi lain. Manajer PB Djarum Fung Permadi berharap anak-anak hasil audisi di Bandung dapat membuktikan kualitasnya di Kudus nanti. Menurut Fung, bakat-bakat muda di Bandung punya kemampuan yang layak untuk masuk ke PB Djarum.

"Selamat untuk kalian yang lolos. Jangan sombong, ini baru awal. Semoga kalian bisa maksimal di Kudus," kata Fung di lokasi, Selasa. Selain itu, Fung juga berpesan kepada atlet-atlet yang tak lolos untuk tak merendah diri.

Mantan pebulutangkis dunia ini mengatakan, jalan para atlet cilik ini masih sangat panjang. "Kalian masih bisa mencoba lagi dan lagi sampai batas usia yang ditentukan. Jika sudah melewati batas usia, kalian tetap bisa mencurahkan energi di tempat lain," kata Fung.

Salah satu hal unik ditemukan oleh Tim Pencari Bakat pada Audisi Umum di Kota Kembang ini, yakni teknik dasar backhand yang mumpuni. Lius Pongoh menyatakan, pukulan backhand khas para pebulu tangkis asal Jawa Barat seperti sudah sedari turunan bersambung turunan.

"Jawa Barat ini emang unik, selain menurut saya tekniknya rata-rata bagus, tapi backhand-nya seperti berbeda dan tajam," tutur mantan atlet bulu tangkis nasional yang identik dengan julukan "Si Bola Karet" ini. "Dari mulai Iie Sumirat hingga sekarang ada (Anthony Sinisuka) Ginting, mereka punya backhand yang khas. Lalu ada Taufik (Hidayat) yang itu sih backhand-nya nggak usah ditanya. Itu sudah seperti tipikal khas pukulannya orang Jawa Barat," kata Lius, menambahkan.

Program Manajer Bakti Olahraga Djarum Foundation Budi Darmawan mengatakan, dengan adanya audisi ini diharapkan mata rantai prestasi bulu tangkis Indonesia tidak terputus. "Kita tahu banyak atlet legenda lahir di sini, Taufik Hidayat hingga Ricky Subagja adalah alte Tanah Sunda, jadi kami memulai Audisi Umum tahun ini Bandung," kata Budi Usai di Bandung, PB Djarum akan melanjutkan audisi di emoat kota berikutnya.

Kota-kota tersebut adalah Purwokerto (8-10September), Surabaya (20-22 Oktober), Solo Raya (27-29 Oktober), dan Kudus (17-19 November). Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 dapat diikuti oleh atlet putra dan putri berkewarganegaraan Indonesia dengan kategori U-11 (berusia 6-10) dan U-13 (untuk peserta dengan umur 11-12 tahun).

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman www.pbdjarum.org atau dengan mendaftarkan diri secara langsung sehari sebelum pelaksanaan Audisi Umum di GOR setiap kota audisi. Peserta diwajibkan melakukan daftar ulang satu hari sebelum tahap seleksi (H-1) sesuai kota audisi pilihannya.

 

 

Source. https://bola.republika.co.id/berita/pviaw9456/audisi-umum-pb-djarum-bandung-loloskan-24-anak-ke-final

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya