Karang Taruna Didorong Ikut Edukasi Pentingnya Kesehatan-ayosemarang.com


Posted : 12 Oct 2019

SRAGEN, AYOSEMARANG.COM -- Para remaja terutama karang taruna diharapkan menjadi agen perubahan dalam pemberian informasi pelayanan kesehatan di masyarakat. Sebab, para generasi muda ini memiliki potensi besar dalam memberikan pesan ke warga mengenai pentingnya menjaga kesehatan secara preventif dibanding jika harus melakukan pengobatan.

Hal ini diungkapkan Koordinator Yayasan Bakti Insan Negeri dokter Mada Gautama di sela-sela kegiatan bakti sosial pelayanan kesehatan ''Bakti Sosial Djarum Foundation'' di Balai Desa Tunggul, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Sabtu (12/10/2019).

Menurut dia pentingnya peran karangtaruna dalam menyampaikan informasi kesehatan ini tak terlepas dari kedekatan langsung dengan masyarakat dimana mereka tinggal. Maka, melalui penyampaian baik dengan mengajak atau memberikan dukasi dalam menjaga kesehatan ini diharapkan memberi dampak positif ke masyarakat.

''Minimal karang taruna ini dapat memberikan edukasi bagaimana menjaga kebersihan lingkungan, memilih makanan secara seimbang hingga mengantar ke tempat pelayanan kesehatan terdekat,'' jelas dia.

Dokter Mada menambahkan peran generasi muda ini perlu digenjot karena akhir-akhir ini di tengah era teknologi informasi yang makin masif, kepedulian karang taruna terhadap lingkungan makin berkurang. Oleh karena itulah, dorongan kepada mereka ini dinilai menjadi sangat penting.

''Potensinya sudah ada, tinggal perlu didorong,'' jelasnya.

Ketua Karang Taruna Dusun Munggur, Penthuk dan Winong (MPW) Desa Tunggul Sunardi menyambut baik kegiatan pelayanan medis ini. Ia pun setuju dengan dokter Mada dimana karang taruna didorong untuk menjadi agen perubahan dalam mendukung pola hidup sehat di masyarakat.

''Kami sangat mendukung apa yang disampaikan dokter Mada. Oleh sebab itu, dalam beberapa pertemuan ke depan dengan anggota karang taruna, akan kami jelaskan soal pentingnya
untuk bisa menjadi agen perubahan dalam pelayanan kesehatan ini,'' jelasnya.

Pjs Kepala Desa Tunggul Joko Triyanto menyampaikan terimakasih atas kegiatan pelayanan medis yang dilaksanakan oleh Djarum Foundation ini. Menurut dia, pemeriksaan kesehatan gratis sekaligus pemberian obat ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

''Saya sampaikan terimakasih atas penyelenggaraan pengobatan gratis ini,'' jelasnya.

Joko mengungkapkan, selama musim kekeringan panjang tahun ini, banyak masyarakat yang terkena penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) karena banyaknya debu.

''Kami berharap pengobatan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terkena ISPA,'' kata dia.

Perwakilan Djarum Foundation Hermanto menjelaskan pelayanan medis yang diikuti 600 warga bertujuan agar warga masyarakat semakin sehat dan terus bisa menjalankan aktivitas sehari-hari.

''Apa yang kami lakukan secara tulus ini semoga dapat dimanfaatkan masyarakat dan berdampak positif bagi kesehatan warga di sini,'' kata Herman.

 

Source. https://www.ayosemarang.com/read/2019/10/12/45566/karang-taruna-didorong-ikut-edukasi-pentingnya-kesehatan

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya