Menikmati Kuliner Unik Khas Kudus di Endeus Festival 2019 - tabloidbintang.com


Posted : 28 Oct 2019

TABLOIDBINTANG.COM - Berbagai menu istimewa tersaji di Endeus Festival 2019, yang digelar di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, akhir pekan kemarin. Digelar selama tiga hari, mulai 25 hingga 27 Oktober 2019, festival kuliner tersebut sukses menyedot ribuan pengunjung. 

Salah satu booth berbentuk joghlo, rumah tradisional Jawa, mencuri perhatian. Booth tersebut menyajikan beberapa makanan khas Kudus. Selain dikenal sebagai Kota Kretek, Kudus memang cukup tersohor dengan ragam kulinernya yang bisa memanjakan lidah. 

Soto Kudus menempati posisi teratas di daftar menu. Sekilas, Soto Kudus tak jauh berbeda dari Soto Lamongan. Berkuah bening, isinya terdiri dari suwiran ayam kampung, tauge, hingga bawang goreng. Rasa gurih dari kuah terasa kian sempurna saat dipadukan dengan manisnya kecap asli Kudus. 

Kuliner Khas Kudus. (Ari/tabloidbintang.com)
Kuliner Khas Kudus. (Ari/tabloidbintang.com)

Di darah asalnya, Soto Kudus tak hanya berisi ayam, tapi juga daging kerbau. Sejarahnya, daging kerbau banyak dijadikan olahan dalam masakan oleh warga Kudus untuk menghormati masyarakat setempat yang banyak menganut agama Hindu. Sunan Kudus melarang para pengikutnya menyembelih sapi agar tidak melukai hati pemeluk agama Hindu.

Rekam jejak masa lalu juga membuahkan kuliner lain yang tak kalah unik, yakni Sate Kebo atau Sate Kerbau. Sebagian orang mungkin beranggapan daging kerbau memiliki tekstur lebih keras dari daging sapi. Tapi kenyataannya tidak demikian. Disajikan dengan bumbu kacang, sate kerbau terasa empuk dan manis. Dalam penyajiannya, Soto Kerbau diberi topping acar yang terdiri dari irisan cabai rawit, tomat, dan bawang.

Berikutnya ada Garam Asem. Kuliner yang  sudah tidak asing bagi masyarakat Jawa Tengah ini berbahan dasar ayam yang dimasak menggunakan daun pisang. Rasa asam dari belimbing wuluh mendominasi, membawa rasa segar di lidah dan membuat mata melek. Makanan ini juga cocok untuk pecinta rasa pedas. 

Kuliner Khas Kudus. (Ari/tabloidbintang.com)
Kuliner Khas Kudus. (Ari/tabloidbintang.com)

Yang menarik, seluruh menu tadi disajikan oleh siswa siswi SMK PGRI 2 Kudus, di bawah bimbingan Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI). SMK PGRI 2 Kudus merupakan salah satu dari 16 SMK binaan Djarum Foundation yang berfokus di bidang kuliner. Melalui teaching factory, diharapkan siswa mampu menghasilkan suatu produk atau jasa berdasarkan pesanan nyata konsumen dengan menggabungkan teori dengan praktik kerja.

"Senang sekaligus bangga bisa menghadirkan kuliner khas Kudus ke Jakarta," kata Bunga, salah satu siswi SMK PGRI 2 Kudus, kepada tabloidbintang.com. Selama tiga hari, Bunga dan kawan-kawan menyuguhkan tak kurang dari 1500 porsi makanan untuk para pengunjung. 

Kuliner Khas Kudus. (Ari/tabloidbintang.com)
Kuliner Khas Kudus. (Ari/tabloidbintang.com)

 

 

Source. https://www.tabloidbintang.com/extra/feature/read/138807/menikmati-kuliner-unik-khas-kudus-di-endeus-festival-2019

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya