PAUD Terpadu Kalirejo Kudus, Terapkan Pembelajaran Berbasis Bermain Siap Cetak Generasi Abad 21 - jateng.tribunnews.com


Posted : 27 Nov 2019

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Plt Bupati Kudus Hartopo meresmikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kudus, Rabu (27/11/2019).

PAUD ini menerapkan praktik play based leraning atau pembelajaran berbasis bermain guna mencetak generasi abad 21 dan menyongsong pesatnya revolusi industri 4.0.

Kepala Sekolah PAUD Terpadu Kalirejo, Sumiyati mengatakan, program pembelajaran di lembaganya menekankan inovasi pembelajaran berbasis bermain.

Agar anak usia dini dapat mengembangkan keterampilan abad 21.

Beragam kegiatan bermain murid misalnya, berkebun, beternak, berjualan di pasar, bermain fisik-motorik tradisional, serta bermain drama dengan panggung mini. 

“Selain itu, guru sekolah kami sudah mampu melakukan penelitian yang membuktikan bahwa di PAUD kami, pembelajaran berbasis bermain dengan permainan lokal dan bahan sederhana dapat mengembangkan keterampilan abad 21. Di antaranya kompetensi 4C yaitu Creativity, Critical Thinking, Communication and Collaboration, literasi lingkungan serta karakter cinta belajar," kata Sumiyati.

PAUD Kalirejo sebetulnya bukan sekolah yang baru.

Setelah beroperasi selama lebih dari tiga dasawarsa, sekolah ini telah berkembang pesat selama 2,5 tahun terakhir.

Dengan bimbingan dari berbagai pihak misalnya Djarum Foundation dan PT Kuark Internasional, ia telah mengembangkan inovasi dan kompetensi guru.

Mereka fokus pada pembelajaran berbasis bermain serta pendekatan inkuiri, aspek pengelolaan sekolah secara profesional, keterlibatan aktif orang tua murid serta menggalang dukungan masyarakat.

 

 

Source. https://jateng.tribunnews.com/2019/11/27/paud-terpadu-kalirejo-kudus-terapkan-pembelajaran-berbasis-bermain-siap-cetak-generasi-abad-21

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya