Bermodal permainan dari bahan sederhana, PAUD Kalirejo Undaan jadi percontohan - elshinta.com


Posted : 28 Nov 2019

Elshinta.com - Tempat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Kalirejo yang terletak di Desa Kalirejo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, telah memulai sebuah inovasi dalam pengembangan proses pembelajaran bagi anak-anak usia dini untuk menyongsong pesatnya revolusi industri 4.0. Sekolah yang jauh dari perkotaan ini telah menerapkan program pembelajaran berbasis bermain yakni dengan mengajak anak didik berkebun, berternak, ke pasar dan bermain permainan tradisional dari bahan yang ada di sekitar sekolah.

"Program sekolah menekankan inovasi pembelajaran berbasis bermain agar anak usia dini dari Desa Kalirejo dan sekitarnya dapat mengembangkan keterampilan abad 21. Beragam kegiatan bermain murid seperti berkebun dan beternak, berjualan di pasar, bermain fisik-motorik yang tradisional serta bermain drama dengan panggung mini sudah dapat membantu murid mengeksplorasi lingkungannya. Serta, mengembangkan keingintahuan serta meningkatkan beragam keterampilan,” ujar Sumiyati kepala sekolah tempat bermain PAUD Kalirejo kepada Kontributor Elshinta, Sutini.

Sumiyati menyampaikan para guru sudah mampu melakukan penelitian yang membuktikan bahwa meski di desa, mereka mampu menerapkan pembelajaran berbasis bermain dengan permainan lokal dan bahan sederhana. "Kami telah mengembangkan inovasi  dan kompetensi guru dengan fokus pada pembelajaran berbasis bermain serta pendekatan inkuiri, aspek pengelolaan sekolah secara profesional, keterlibatan aktif orang tua murid serta menggalang dukungan masyarakat", paparnya.

Program Manager Bakti Pendidikan Djarum Foundation Felicia Hanitio menjelaskan, “PAUD Terpadu Kalirejo merupakan salah satu dari 5 (lima) sekolah binaan yang didorong untuk mengimplementasi pembelajaran berbasis bermain. Metode ini sangat krusial untuk dapat membentuk human capital Indonesia yang siap bersaing dan berkarya di masa yang akan datang. Yakni mereka yang aktif mencari ilmu, memiliki kecerdasan sosial dan emosional, mampu beradaptasi, kreatif dan haus untuk selalu belajar.

“Segenap praktik baik yang telah PAUD Kalirejo lakukan, kami harap dapat membantu membangun Kudus menjadi salah satu pihak terdepan dalam mengembangkan keunggulan pendidikan,” tandas Felicia. 

Sekretaris Desa Kalirejo sekaligus Ketua Pengurus PAUD Terpadu Kalirejo Faiq Maulana mengungkapkan, Pengembangan pendidikan anak usia dini merupakan salah satu area prioritas pemerintah Desa Kalirejo. pihak desa juga aktif terlibat dalam setiap kegiatan utama, seperti acara parenting  bulanan. Yang tujuannya untuk mendorong peran aktif orang tua murid agar memahami kewajiban orang tua dalam pendidikan anak, mulai dari usia dini.

 

 

Source. https://www.elshinta.com/news/193862/2019/11/28/bermodal-permainan-dari-bahan-sederhana-paud-kalirejo-undaan-jadi-percontohan

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya