Hijaukan Pegunungan Sekaligus Memberikan Dampak Ekonomi Bagi Rakyat - jawapos.com


Posted : 15 Jan 2020

JawaPos.com-Pemanasan global adalah isu yang sangat serius.

Salah satu yang serius dan perhatian dalam soal ini adalah Bakti Lingkungan Djarum Foundation lewat program Djarum Trees For Life. Bekerja sama dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Patiayam Rejo, lembaga ini mengadakan penghijauan di kawasan pegunungan Patiayam yang berada di Kabupaten Kudus dan Pati.

Penghijauan ini mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam rangka memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia, seremoni penanaman dilakukan di Bumi Perkemahan Ronggo Kusumo, Desa Klaling hari ini (15/1).

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Plt Bupati Kudus Hartopo, dan Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji.

Sampai saat ini, tercatat 3.500 pohon yang sudah ditanam di kawasan Pegunungan Patiayam.

”Coba perhatikan di sekeliling Anda, ini semua gundul. Pegunungan Patiayam ini gundul dan tidak punya tanaman keras,” kata Ganjar dalam siaran pers Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang diterima Jawa Pos.

”Di sini banyak ditanami pohon singkong tidak punya kekuatan seperti pohon berkayu keras tadi untuk menahan air. Untuk itu mulai hari ini kita semua harus mulai menanam agar ekosistem ini tidak hancur. Program penanaman Djarum Foundation ini juga sebagai salah satu kolaborasi yang baik dalam merawat lingkungan demi kehidupan yang terjamin bagi masa anak cucu kita dan seterusnya,” tambah Ganjar.

Penanaman dan penghijauan di kawasan Pegunungan Patiayam ini merupakan tindak lanjut dari keresahan masyarakat setempat. Terutama soal kondisi lingkungan tempat tinggal mereka.


Penyerahan bibit aren, petai, dan kelengkeng dari Plt Bupati Kudus Hartopo dan Djarum Foundation kepada perwakilan Kelompok Tani Hutan (KTH) Patiayam Rejo. (Megapro Communications)

“Timbul pemikiran untuk menghijaukan pegunungan ini. Dengan menanami pohon berkayu keras, air akan mudah diserap dan dialirkan. Selain itu juga memberikan kemakmuran kepada masyarakat khususnya kawasan Patiayam ini,” ucap FX Supanji.

Selain mendapat bantuan bibit dari pusat pembibitan tanaman, KTH juga mendapat bantuan 10.000 bibit dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup. Juga 61.000 bibit dari Badang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Wilayah Pemali Jratun.

Jenis tanaman konservasi dan buah yang cocok ditanam di kawasan pegunungan ini meliputi Mangga, Alpukat, Jambu Bol, Durian, Kepoh, Beringin, Jengkol, Petai, Asam Jawa, dan beberapa jenis pohon lainnya.

Pemilihan pohon dan tanaman tersebut berdasarkan tinjauan terhadap tipografi dan kondisi tanah. Alasannya, kawasan pegunungan Patiayam memerlukan penghijauan dengan jenis tanaman yang tidak hanya bertahan pada satu musim. Fungsi lainnya yakni tanaman tersebut tetap mendatangkan fungsi ekonomi bagi masyarakat.

 

 

Source. https://www.jawapos.com/jpg-today/15/01/2020/hijaukan-pegunungan-sekaligus-memberikan-dampak-ekonomi-bagi-rakyat/

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya