Alasan Mengapa Destinasi Wisata Candi Perlu Ditanami Pohon - medcom.id


Posted : 06 Mar 2020

Semarang: Kompleks Percandian Gedong Songo belakangan menjadi tempat wisata cagar budaya populer di Semarang. Gedong Songo memiliki keunikan jejeran Candi yang berserakan di lereng Gunung Ungaran.

Kendati telah menyajikan pemandangan yang mempesona, Bakti Lingkungan Djarum Foundations bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, masih ingin menambah daya tarik Gedong Songo.

Salah satunya dengan menambah pohon-pohon yang nantinya membuat Gedong Songo lebih instagramable. Selain itu ada beberapa alasan lain, seperti yang diutarakan oleh Victor Hartono, selaku President Director Djarum Foundation. 

"Karena cagar budaya kita pantas untuk lebih banyak warna, sekalian menyerap Co2. Sayang kalau tidak digunakan untuk melawan perubahan iklim," terang Victor.

Pangdam Mochamad Effendi mendukung program Sadar Lingkungan ini. Menurutnya, upaya ini sangat memberikan daya dukung lingkungan.

"Kami hanya membina teritori di Jateng dan DIY, kami berterimakasih dengan adanya kegiatan Siap Sadar Lingkungan yang dilaksanakan oleh Djarum Foundation yang hari ini kita melakukan penanaman," terang Efdendi usai ikut menanam pohon di Kompleks Candi Gedong Songo.

"Tadi dikatakan bahwa yang pertama memberikan daya dukung lingkungan, kalau tanaman lebih banyak Co2 lebih banyak kita hidup lebih segar bisa lebih sehat. Kalau segar sehat punya ketahanan yang lebih baik," sambungnya.

Alasan Mengapa Destinasi Wisata Candi Perlu Ditanami Pohon

Pohon-pohon yang ditanam pun harus berguna dengan tempatnya. Seperti Bambu Jepang, Hujan Mas, Pucuk Merah, Tabebuia Rosea, Pinus, Puspa, dan Akar Wangi. Contoh pada tanaman pinus sendiri sangat cocok dengan tekstur Gedong Songo yang berada di lereng Gunungan Ungaran.

Sejauh ini sudah ada 10 ribu lebih tanaman yang ditancapkan Djarum Foundation yang menyasar lokasi candi. Sebelumnya, program yang dilakukan sejak tahun lalu itu telah menanam pohon di Candi Prambanan, Ratu Boko, Candi Sewu, Borobudur, dan Candi Ijo.

 

Source. https://www.medcom.id/rona/wisata-kuliner/nbwjdYjN-alasan-mengapa-destinasi-wisata-candi-perlu-ditanami-pohon

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya