Ratusan Mahasiswa Hijaukan Kompleks Percandian Gedongsongo - tribunnews.com


Posted : 09 Mar 2020

TRIBUNNEWS.COM - Bakti Lingkungan Djarum Foundation kembali mengadakan program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) demi mendorong milenial untuk mencintai dan menjaga lingkungan.

Kali ini, program Siap Darling diadakan di kompleks Semarang, Jawa Tengah, dengan mengajak 250 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

Mereka telah melakukan penanaman 868 jenis pohon dan semak yang terdiri dari berbagai jenis seperti Bambu Jepang, Hujan Mas, Pucuk Merah, Tabebuia Rosea, Pinus, Puspa, serta Akar Wangi.

Kegiatan Siap Daling di Candi Gedongsongo
Kegiatan Siap Daling di Candi Gedongsongo

Meski sempat tertunda akibat turunnya hujan dan kabut yang cukup tebal, tapi kegiatan yang dilangsungkan pada Kamis (5/3/20) tersebut berjalan seru.

Terlihat antusiasme para generasi milenial ini dalam melakukan penanaman di berbagai titik lokasi kompleks candi, sambil meneriakan yel-yel dan mengenakan kaos hijau. Ini membuat kompleks Candi Gedongsongo jadi makin hijau.

Kegiatan Siap Daling di Candi Gedongsongo
Kegiatan Siap Daling di Candi Gedongsongo

Victor Hartono, selaku President Director Djarum Foundation, menjelaskan alasan mengapa para mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan ini.

"Karena kita mesti memastikan bahwa generasi berikutnya juga turut sadar lingkungan, sebetulnya yang lebih mengalami global perubahan iklim adalah generasi seperti sekarang ini, jadi mestinya mereka yang lebih investasi untuk masa depan mereka sendiri," ujarnya saat menghadiri kegiatan Siap Darling.

Kegiatan Siap Daling di Candi Gedongsongo
Kegiatan Siap Daling di Candi Gedongsongo

Di antara para mahasiswa tersebut, ada 50 Darling Squad yang mengikuti green camp di hari sebelumnya.

Dalam camp ini, para Darling Squad mengikuti forum discussion group (FGD) untuk nuangin idenya dalam bentuk proposal dengan tema pelestarian lingkungan. Konsep terbaik nantinya akan direalisasikan melalui program-program Djarum Foundation.

Tak hanya bersama Darling Squad, program Siap Darling kali ini juga mengajak Ahmad Abdul atau yang akrab disapa Abdul Idol untuk turut melakukan penanaman.

Jebolan Indonesian Idol ini mengaku bangga dapat terlibat secara nyata dalam upaya memperbaiki lingkungan.

“Alam dengan seluruh kekayaan dan keindahannya merupakan warisan dari leluhur yang harus selalu kita jaga. Untuk itu, saya merasa sangat antusias dalam kegiatan yang sangat positif ini. Saya juga berharap, langkah-langkah merawat bumi dapat dilakukan secara rutin oleh generasi milenial,” ujarnya.

Abdul juga turut menghibur ratusan mahasiswa yang turut berpartisipasi dalam program Siap Darling dengan membawakan beberapa lagu sambil mengingatkan untuk menjaga kelestarian alam.

Penampilan Abdul di Siap Darling 2020
Penampilan Abdul di Siap Darling 2020

Program Siap Darling sebelumnya telah melakukan penghijauan di beberapa situs sejarah di Indonesia dan masih akan berjalan sampai 2025 dengan menyasar ratusan candi di Sumatera, Jawa, Kalimantan sampai Bali.

Gerakan ini dibuat dengan tujuan untuk mendorong milenial seperti kita supaya nggak sekedar peduli, tapi juga terlibat langsung dalam aksi nyata untuk memperbaiki jejak-jejak kerusakan pada bumi.

Karena itu, pada setiap kegiatannya, Siap Darling mengajak para mahasiswa yang tergabung dalam Darling Squad untuk bersama-sama menanam dan melakukan berbagai kegiatan lingkungan.

Darling Squad
Darling Squad

 

Source. https://www.tribunnews.com/regional/2020/03/09/ratusan-mahasiswa-hijaukan-kompleks-percandian-gedongsongo?page=all

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya