Tiga SMK di Kudus Beri Bantuan APD Buatan Sendiri - medcom


Posted : 04 May 2020

Kudus: Sebanyak tiga SMK di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, membantu tenaga medis yang bertugas di sejumlah rumah sakit dengan memberikan 400 set alat pelindung diri (APD) dan 1.500 botol cairan pembersih tangan. APD maupun cairan pembersih tangan merupakan buatan para siswa.

 Tiga SMK yang mendonasikan bantuan APD yakni SMKN 3 Kudus, SMKN 1 Kudus, dan SMK Duta Karya Kudus. Penyerahan bantuan dilakukan kepala sekolah masing-masing kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus di aula kantor IDI di kompleks perkantoran Mejobo Kudus.

"Rata-rata kebutuhan APD secara keseluruhan di rumah sakit rujukan penyakit virus korona (covid-19) di Kabupaten Kudus setiap harinya bisa mencapai 500-an unit APD," ujar Ketua IDI Kabupaten Kudus Ahmad Syaifuddin, melansir Antara, Senin, 4 Mei 2020.

Syaifuddin menuturkan kebutuhan APD sebetulnya bisa meningkat menyesuaikan jumlah kasus covid-19 yang ditangani. Beruntung, kata dia, banyak pihak yang peduli dengan memberikan bantuan. 

Tiga SMK tersebut merupakan binaan Djarum Foundation. Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Galuh Paskamagma menyampaikan partisipasi aktif dalam penanggulangan covid-19 menjadi bukti bahwa siswa SMK tidak hanya siap terjun ke lapangan berbekal keterampilan yang dimiliki.

"Mereka juga bisa berkontribusi dalam membantu berperang melawan covid-19 dengan membuat APD dan hand sanitizer," ujar Galuh.

Ia menjelaskan pola APD didesain oleh siswa jurusan tata busana di SMK 1 dan 3 Kudus. Proses produksinya juga dijamin tetap menjaga kualitas material dan pola APD yang sesuai dengan standar rumah sakit. Pengerjaan APD ini juga mengenakan masker higienis, menjaga kebersihan, dan menerapkan jaga jarak fisik demi keamanan bersama saat memproduksi APD di lingkungan sekolah.

"Mereka berhasil memproduksi 400 set APD hanya dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, sedangkan cairan pembersih tangan yang mulai langka di pasaran juga bisa teratasi dengan kemampuan siswa SMK Duta Karya Kudus sebagai sekolah vokasi yang berfokus pada kimia industri membuat cairan pembersih tangan," beber Galuh.

 

Source. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/RkjBv4Wk-tiga-smk-di-kudus-beri-bantuan-apd-buatan-sendiri

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya