Belasan Pasien Ikuti Operasi Bibir Sumbing Gratis - suaramerdeka


Posted : 04 Apr 2021

KUDUS, suaramerdeka.com - Sebanyak 17 orang penderita bibir sumbing, Sabtu (3/4) mengikuti operasi gratis yang digelar Rumah Sakit Aisyiyah (RSA) Kudus. Kegiatan yang dihelat bekerjasama dengan Djarum Foundation dan Yayasan Permata Sari Semarang itu kini telah memasuki tahun kedelapan.

Menurut Direktur RSA dr Hilal Aryadi, penyelenggaraan tahun ini dilaksanakan dalam suasana pandemi sehingga pihaknya melakukan sejumlah skrining yang ketat, baik pasien yang akan dioperasi maupun tim medis dan paramedis. Sebelum kegiatan, mereka wajib mendapat rapid antibodi dan antigen.

''Jumlah pendaftar sebanyak 29 pendaftar namun setelah dilaksanakan skrining, jumlah peserta operasi bibir sumbing ini tinggal 17 orang peserta,'' katanya.

Calon peserta operasi di-skrining terlebih dahulu pada hari Jumat (2/4) dengan sejumlah parameter medis yang telah ditetapkan. Penyeleksian termasuk hasil tes HB, berat badan, usia, kondisi fabio falato, hematokrit, lekosit, trombosit, foto rontgen dada, dan hitung jenis atau diff count. Peserta wajib mengikuti dirapid tes terlebih dahulu di hari yang sama.

Kebijakan lainnya, penunggu hanya diperkenankan satu orang saja dan harus melalui skrining dan standard Prokes

“Salah satu penyebab bibir sumbing karena ibu hamil kekurangan nutrisi, sehingga terbentuk struktur yang kurang sempurna,'' ujarnya.

Ibu hamil yang tidak memeriksakan diri secara rutin selama masa kehamilan turut menjadi penyebab bibir sumbing. Dia mengimbau ibu hamil memeriksakan kandungan secara rutin sehingga asupan vitamin, mineral, dan zinc terpenuhi.

Perwakilan Djarum Foundation, Arvi Oktaviandra mengatakan sejauh ini kerjasama antara pihaknya dan RSA dalam pelaksanaan operasi bibir sumbing. Selama delapan tahun pihaknya bekerjasama dengan RSA dan berjalan dengan baik. Tenaga medis dan para medis yang terlibat di dalamnya berpengalaman dan memperlancar operasi

 

Source. https://www.suaramerdeka.com/regional/muria/259620-belasan-pasien-ikuti-operasi-bibir-sumbing-gratis?page=all

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya