Sajikan Kisah Klasik di Masa Modern, Ini Cerita Penulis Naskah Musikal Nurbaya - suara.com


Posted : 28 Jun 2021

Suara.com - Menyajikan kisah klasik di zaman modern seperti saat ini bukan perkara gampang. Setidaknya, itulah yang dirasakan oleh tim produksi drama musikal Nurbaya.

Ya, Galeri Indonesia Kaya menghadirkan drama serial berjudul Nurbaya, sebuah karya musikal yang menyajikan ulang novel Siti Nurbaya karya Marah Rusli.

Chriskevin Adefrid, penulis naskah drama musikal Nurbaya, menceritakan bagaimana proses adaptasi tersebut diambil dari karya Sastra Indonesia yang tak lekang dimakan zaman.

“Sebenarnya karya Marah Rusli dari Siti Nurbaya ini, jauh lebih besar dari gadis malang. Jadi tantangannya dari segi zaman beda ya, konteks sosialnya juga beda, akhirnya tim kreator diskusi untuk adaptasi yang relatable dengan audiens,” ungkapnya Konferensi Pers Drama Nurbaya Indonesia Kaya, Selasa (28/6/2021).

Proses penulisan drama Nurbaya, kata Chriskevin, melewati beberapa fase. Yang pertama novel yang diambil dari unsur premis, karakter, dan dramanya. Lalu adaptasi cerita dengan lebih modern.

Selain itu, proses penulisan skrip ini dibantu oleh tim penulis, sehingga pembuatan drama musikal ini merupakan hasil kolaborasi.

“Sebenarnya lebih bagaimana membuat satu karya tanpa membuang elemen yang asli, dan kedua kolaborasi. Itu selalu menjadi bagian sampai karya ini terwujud,” jelas Chriskevin.

Chriskevin yakin jika hasil karya adaptasi ini seperti melihat Siti Nurbaya lewat karya sastra lama. Dengan mengubah konteks dan ruang yang berbeda.

“Ada hal baru dan juga hal yang lama, jadi aku nggak mau spoiler tentang serial Nurbaya. Dan nantikan saja saat nonton, nanti bakalan kelihatan feel nya,” pungkasnya.

 

Source. https://www.suara.com/lifestyle/2021/06/28/210507/sajikan-kisah-klasik-di-masa-modern-ini-cerita-penulis-naskah-musikal-nurbaya

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya