Karya Siswa SMK NU Banat Curi Perhatian di Jogja Fashion Week 2021 - Kompas.com


Posted : 30 Nov 2021

KOMPAS.com – Runway Jogja Fashion Week 2021 menjadi saksi lahirnya koleksi terbaru Zelmira, brand fashion dari SMK NU Banat, Kudus, Jawa Tengah.

Mengusung tradisi ‘Luwur’ sebagai tema dalam eksibisi, kreasi para siswi SMK ini sukses mencuri perhatian para fashionista yang hadir dalam acara pergelaran fashion show bergengsi tersebut.

Luwur sendiri merupakan tradisi turun-temurun di Kudus yang merujuk pada sebuah kegiatan tahunan membuka dan mengganti kain kelambu pembungkus nisan dan cungkup makam Sunan Kudus.

Biasanya, prosesi tersebut dilakukan setiap tanggal 10 Muharram dalam kalender Hijriyah. Tradisi ini merupakan bentuk penghormatan atas jasa-jasa yang telah dilakukan Sunan Kudus bagi penduduk sekitar.

Kearifan lokal tersebut diterjemahkan oleh para siswi SMK NU Banat Kudus menjadi delapan looks formal dan kasual yang dipamerkan dalam Jogja Fashion Week 2021. Menariknya, mereka hanya memiliki waktu 14 hari dalam meracik ide, menciptakan sketsa desain serta membuat motif sendiri pada kain yang akan dipakai hingga pakaian tersebut siap di pamerkan di Jogja Fashion Week 2021 ini.

“Seluruh motif yang ada pada kain koleksi terbaru ini, kami yang buat, bukan dari kain yang sudah ada lalu kami jahit. Tapi kami ciptakan dan kami cetak sendiri dengan tujuan agar motif dan desain dari pakaian tersebut lebih menyatu dan berkelas,” tutur Najla Mufida Azmi, siswi SMK NU Banat yang tergabung sebagai tim desainer Zelmira pada Jogja Fashion Week 2021.

 

 

Source. https://www.kompas.com/edu/read/2021/11/30/110000071/karya-siswa-smk-nu-banat-curi-perhatian-di-jogja-fashion-week-2021

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya