Growth Mindset Bakal Lahirkan Generasi Muda yang Tangguh - lifestyle.sindonews


Posted : 23 Mar 2022

JAKARTA - Generasi muda diharapkan memiliki pola pikir berkembang atau growth mindset agar mampu bertahan di tengah kompleksnya permasalahan di masa mendatang.

Bahasan mengenai pentingnya growth mindset itu mengemuka dalam materi Gritty Leadership yang dibawakan oleh Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Galuh Paskamagma pada pelatihan Leadership Development Beswan Djarum 2021/2022. Pelatihan yang diselenggarakan secara daring ini diikuti oleh 520 mahasiswa Beswan Djarum (penerima program Djarum Beasiswa Plus) angkatan 2021/2022 dari 90 universitas di Tanah Air.

Pada kesempatan itu Galuh menuturkan, growth mindset merupakan pola pikir yang wajib dimiliki generasi muda bila ingin meraih kesuksesan di masa mendatang. Berbeda dengan fixed mindset yang hanya bertumpu pada kemampuan dasar dan bakat semata, growth mindset justru mampu membuat seseorang lebih berkembang karena senantiasa menambah wawasan dan mau menerima saran serta kritikan dari orang lain.

“Bila orang dengan fixed mindset akan cenderung merasa gagal ketika dikritik serta tidak mau menerima masukan dan perubahan, orang-orang dengan growth mindset justru lebih tanggap terhadap perubahan dan permasalahan di sekitarnya. Mereka akan lebih tangguh karena mampu mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan yang lebih kompleks,” tutur Galuh.

Guna mengasah hal tersebut, melalui materi Gritty Leadership, generasi muda khususnya Beswan Djarum, diarahkan agar memiliki growth mindset supaya tidak mudah menyerah saat menghadapi berbagai perubahan yang dinamis.

“Generasi muda harus mampu mengembangkan growth mindset supaya tidak mudah menyerah dan terus berusaha meraih target sesuai dengan visinya. Salah satu cara menumbuhkan sikap ini ialah dengan menumbuhkan jiwa gritty leadership di dalam diri masing-masing,” jelas Galuh.

Sesuai namanya, gritty leadership adalah jiwa kepemimpinan yang pantang menyerah, tangguh, dan konsisten demi mewujudkan visi yang dicita-citakan. Pola pikir ini bertumpu pada dua elemen utama yakni core value (nilai inti/prinsip utama seseorang) serta core purpose (tujuan utama seseorang).

Galuh berharap generasi muda khususnya Beswan Djarum mampu mengadopsi gritty leadership di dalam diri sehingga akan selalu mengingat core value dan core purpose dalam rangka meraih visionary goal-nya.

Pelatihan Leadership Development merupakan satu dari beberapa pelatihan soft skills yang diberikan kepada para penerima program Djarum Beasiswa Plus. Tidak hanya itu, melalui program Community Empowerement, Beswan Djarum juga diberi kesempatan untuk menerapkan berbagai pelatihan soft skills yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial di lingkungan tempat mereka berada.

Sejalan dengan pembekalan soft skills bagi Beswan Djarum, Bakti Pendidikan Djarum Foundation juga akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung sebagai Beswan Djarum angkatan 2022/2023. Pendaftaran sudah bisa dilakukan secara online di www.djarumbeasiswaplus.org mulai 21 Maret 2022.

 

 

Source. https://lifestyle.sindonews.com/read/721813/166/growth-mindset-bakal-lahirkan-generasi-muda-yang-tangguh-1648047805

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya