Darling Squad: Kumpulan Anak Muda Peduli Lingkungan Inisiasi Djarum - Kumparan.com


Posted : 31 Aug 2022

Bakti Lingkungan Djarum Foundation, melalui program Trees for Life mengadakan penanaman 5.000 bibit mangrove di Pemongan, Denpasar, Hari ini (31/8). Penanaman akan dieksekusi oleh komunitas lingkungan Darling Squad.

Darling Squad, sesuai kepanjangannya, Sadar Lingkungan Squad, adalah komunitas anak muda yang concern dengan isu lingkungan, diinisiasi dan diwadahi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Semua agenda kegiatan komunitas memiliki tagline Siap Darling (Siap Sadar Lingungan).

"Siap Darling adalah sebuah kegiatan yang memang ditargetkan buat anak muda untuk bisa langsung terlibat secara lingkungan," ungkap Abdurrachman Aldila, Program Associate, Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Darling Squad beranggotakan anak muda (kebanyakan mahasiswa) dari 305 kampus tersebar di 205 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Total ada 2.433 anak muda tergabung sebagai anggota komunitas Darling Squad.

Komunitas ini bertujuan mewadahi anak muda untuk mewujudkan kesadaran lingkungan.

Siap Darling memiliki dua program utama, Candi Darling (Candi Sadar Lingkungan) dan Aksi Darling (Sadar Lingkungan). Candi Darling adalah program konservasi di sekitar situs Candi.Tahun 2019 Squad Darling melaksanakan penanaman 5.296 tanaman vegetasi (gabungan pohon, semak dan bunga) di area Candi Prambanan. Atas nama program Candi Darling, Darling Squad juga pernah melaksanakan rehabilitasi area Candi Ijo, Candi Gedong Songo, dan Candi Banyunibo.

Program kedua, Aksi Darling, berfokus ke penanaman konservasi. Sebelumnya program Aksi Darling melaksanakan penanaman di sekitar Benteng Van De Boch. Kemudian ada juga penanaman pohon di kawasan Ijen pasca kebakaran tahun 2019. Setelah itu Darling Squad juga melaksanakan penanaman konservasi di sekitar kawasan pegunungan Pati Ayam. Sejak pertama dibentuk, Darling Squad total sudah menanam 32.227 vegetasi, mulai dari bunga, semak, bibit pohon hingga mangrove.

Darling Squad mengeksekusi penanaman 5.000 bibit mangrove di pesisir pantai Taman Hutan Raya Ngurahai, Pemongan, Denpasar.

"Darling Squad akan menjangkau daerah-daerah yang membutuhkan penghijauan lainnya," lanjut Aldila.

Source. https://kumparan.com/kumparansains/darling-squad-kumpulan-anak-muda-peduli-lingkungan-inisiasi-djarum-1yla2OIvUVl/1

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya