3 Tahun OneActionOneTree Tanam 47.845 Bibit Pohon, Ubah Lereng Muria Bukit Patiayam yang Kering jadi Hijau


Posted : 31 Jan 2023

KUDUS, suaramerdeka.com - Gerakan sosial lingkungan #OneActionOneTree yang digagas Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) kini telah masuk ke tahun ke-3.

#OneActionOneTree telah berjalan sejak 2020 lalu, saat dimana pandemi membatasi berbagai kegiatan.

BLDF memulai aksi dengan kampanye digital yang terukur dan sistematis.

Kampanye ini mengajak generasi muda untuk aktif dalam pemulihan lingkungan sekitar.

Upaya yang dilakukan juga cukup dengan merutinkan kegiatan yang disukai.

Seperti bersepeda, berlari, menanam pohon, hingga bersosial media yang baik.

Communications Director Djarum Foundation Mutiara D. Asmara melihat hal sederhana bisa berdampak baik jika dilakukan secara berkelanjutan dan konsisten.

"Gerakan ini dapat mengonversi dan mengintegrasi beberapa kegiatan seperti lari, bersepeda dan unggahan media sosial menjadi sesuatu yang menarik dan berdampak baik jika dilakukan secara konsisten,” ujarnya.

Masyarakat dapat mendaftarkan capaian harian mereka secara online lewat www.siapdarling.id/oneactiononetree

Dalam tiga kali penyelenggaraan, #OneActionOneTree berhasil mengumpulkan 1.341.604 km capaian dari kegiatan bersepeda.218.836 km dari aktivitas lari, dan 6.928 unggahan di sosial media.

Angka ini kemudian dikonversikan menjadi 47.845 bibit pohon yang tertanam di lereng Gunung Muria dan Perbukitan Patiayam, sepanjang 2020-2022

Selain bibit pohon, BLDF juga menanam tanaman kekayuan multiguna (Multi Purpose Trees Species/MPTS) dalam rentang tersebut.

Aksi ini sejalan dengan harapan pemerintah lewat Aksi

Instruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dimana mewajibkan masyarakat untuk dapat menanam dan memelihara sekurang-kurangnya 25 batang pohon selama hidupnya.

"Kami percaya, aksi pelestarian lingkungan tidak boleh berhenti di penanaman saja, tetapi harus ditindaklanjuti dengan pemeliharaan," kata Edi Purnomo, salah seorang Petani Desan Terban.Ia berharap, anak cucunya nanti dapat menikmati dan memanfaatkan hasil dari tanaman buah yang ditanam.

Adapun jenis tanaman buah yang ditanam diantaranya alpukat, mangga, jeruk pomelo, petai, jengkol, durian, dan cengkih.Upaya ini juga bertujuan mendukung ekosistem petani musiman untuk berkembang sebagai pekebun hortikultura yang berkelanjutan. ***

Source: https://www.suaramerdeka.com/nasional/pr-047193543/3-tahun-oneactiononetree-tanam-47845-bibit-pohon-ubah-lereng-muria-bukit-patiayam-yang-kering-jadi-hijau

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya