Proses Panjang 2 Mahasiswa Indonesia Menang Harvard World Model UN 2023 - Lifestyle Liputan6.com


Posted : 31 Mar 2023

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kekecewaan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, kabar membanggakan datang dari dua mahasiswa Indonesia yang mencetak prestasi di dunia internasional. Mahasiswa Unika Atma Jaya, Adella Suwandi (22) dan mahasiswa Universitas Jember, Rifki Saputra (22) diketahui meraih penghargaan Diplomacy Award Legal Comitee di ajang bergengsi Harvard World Model United Nations (MUN) 2023 di Paris, Prancis.

Gelaran ini dilaksanakan di Paris, Prancis pada 12--16 Maret 2023.  Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Harvard World Model United Nations adalah salah satu ajang simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) paling prestisius yang diikuti lebih dari 2.000 peserta dari 110 negara setiap tahunnya.

Acara ini juga dikenal sebagai olimpiade terbesar untuk kegiatan MUN serupa di level internasional. Dalam program Djarum Beasiswa Plus, para Beswan Djarum, sebutan bagi penerima Djarum Beasiswa Plus), yang memilih kegiatan International Exposure berkesempatan mengikuti MUN. Di Harvard World MUN 2023 ini, Djarum Foundation mengirimkan delegasi yang terdiri dari sembilan mahasiswa.

Selain Adella dan Rifki, tujuh anggota delegasi lainnya adalah Ahmad Yusril Yusro (Universitas Lampung), Bunga Almia Gane Sari Santina Putri (Universitas Negeri Malang), Farel Muhamad Alfarisi (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Ridha Albary (Institut Teknologi Bandung), Ryan Kam Vikri (Universitas Diponegoro), Shannice Fidelia Akwilla (Unika Atma Jaya), dan Yudika Putra Perdana Pangaribuan (Universitas Brawijaya).

Adella dan Rifki yang dipasangkan sebagai double delegation untuk legal committee sukses mengungguli 186 peserta dari berbagai negara. Mereka berkompetisi di komite sama saat mendiskusikan isu Non-Self-Governing Territories atau teritori yang tidak memiliki pemerintahannya sendiri.

Source: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5248776/proses-panjang-2-mahasiswa-indonesia-menang-harvard-world-model-un-2023

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya