Indonesia Kaya kenalkan makanan khas Solo kepada pecinta kuliner - ANTARA Jateng (antaranews.com)


Posted : 31 Mar 2023

Solo (ANTARA) - Serial web Indonesia Kaya memperkenalkan sejumlah makanan khas Solo kepada pecinta kuliner nusantara melalui kanal YouTube dengan format dokumenter. 

Direktur Program Renitasari Adrian melalui keterangan tertulisnya yang diterima oleh ANTARA di Solo, Jumat mengatakan para pecinta kuliner diajak untuk mengunjungi ragam kuliner yang ada di Kota Solo. 

Ia mengatakan Solo yang juga dikenal sebagai pusat kebudayaan Jawa tersebut memiliki ragam kuliner yang otentik dan klasik.

"Di Kota Solo pecinta kuliner diajak untuk melihat visualisasi kelezatan tengkleng dan sate buntel dari Sate Bu Hj Bejo. Menelusuri kuliner di Kota Solo, tak lengkap jika tidak menghampiri tempat yang melegenda untuk berburu kuliner yaitu Pasar Gede," katanya. 

Ia mengatakan beberapa kuliner khas Pasar Gede, di antaranya es dawet selasih, cabuk rambak, brambang asem, es gempol pleret, dan lenjongan.

"Selanjutnya pecinta kuliner juga diajak untuk menyaksikan sejarah singkat ikon kuliner Kota Solo, yaitu nasi liwet dari Nasi Liwet Bu Wongso Lemu," katanya. 

Selain itu, pada kanal YouTube IndonesiaKaya juga dikenalkan berbagai kuliner khas daerah lain, di antaranya sop konro dan coto Makassar dari Makassar, Sulawesi Selatan serta nasi kapau, nasi padang, dan soto Padang dari Padang, Sumatera Barat.

Ia berharap upaya dalam melestarikan dan mengenalkan kuliner nusantara melalui serial web tersebut dapat diterima oleh masyarakat. 

"Selain itu juga dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap ragam kuliner di Indonesia," katanya.

Source: https://jateng.antaranews.com/berita/488070/indonesia-kaya-kenalkan-makanan-khas-solo-kepada-pecinta-kuliner

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya