Galeri Indonesia Kaya kembali dibuka di Grand Indonesia Mall - ANTARA News


Posted : 12 May 2023

Jakarta (ANTARA) - Setelah lebih dari dua tahun ditutup karena pandemi dan melalui prosesrenovasi, Galeri Indonesia Kaya (GIK) akhirnya kembali dibuka di Grand Indonesia West Mall,Jakarta.

"Senang sekali kita per besok sudah buka untuk umum dan kembali Galeri Indonesia Kaya akan menjadi panggung budaya ruang publik yang kita berharap tempat ini bisa bermanfaat," kata Program Director Galeri Indonesia Kaya Renitasari Adrian di Jakarta, Jumat.

Ia mengharapkan kehadiran GIK dengan semangat baru ini bisa menjadi panggung untuk berkreasi bagi semua figur yang cinta akan kebudayaan Indonesia.

"Semoga kehadiran #GIKwajahbaru ini dapat mendorong berbagai komunitas kreatif untuk menciptakan ide-ide baru dan mengembangkan lebih banyak lagi orang-orang kreatif di masyarakatIndonesia," kata Renitasari.

Pada acara pembukaan, musisi Tompi juga turut hadir dan tampil dengan menyanyikan beberapa lagu-lagu daerah dengan alunan musik yang lebih modern. Selain itu, dirinya juga ditemani dengan penampil lainnya yakni Sri Panggung dan juga Danang Suryonegoro.

Tompi mengungkapkan bahwa dirinya senang dengan pembukaan kembali tempat tersebut. Diapun berharap para seniman-seniman Indonesia bisa berkarya sebebas-bebasnya melalui panggung yang telah disediakan.

"Jadi dengan adanya ruang ini, saya rasa bisa membantu mendorong mereka untuk menyelenggarakan performance,” imbuhnya.

Hadir sebagai panggung budaya, GIK menyediakan ruang pertunjukan seni berupa auditorium dimana para pekerja seni dapat melakukan berbagai kegiatan seperti workshop, tarian, teater, monolog, pertunjukan musik, apresiasi sastra, pemutaran film, dan lain sebagainya.

Auditorium berkapasitas 150 orang ini didukung dengan fasilitas modern sebagai sarana bagi pelaku seni maupun masyarakat umum untuk menampilkan berbagai kesenian Indonesia dan kegiatan lainnya secara gratis, termasuk pengunjung dan penontonnya.

Selain itu, konsep desain GIK kini pun tetap mengangkat ke-khas-an Indonesia dalam interior sentuhan rotan kekinian dengan motif pucuk rebung dan kembang tanjung, motif parang (padaceiling).

Berbagai aplikasi baru juga dihadirkan dalam bentuk projection mapping dengan teknologi sensor yang interaktif. Secara keseluruhan, terdapat tujuh aplikasi yang terinspirasi dari ragam kekayaan Indonesia. Aplikasi tersebut antara lain Bersatu Padu, Selaras Seirama, Sajian Rasa, Arundaya, Cerita Kita, Arungi, dan Pesona Alam.

Source https://www.antaranews.com/berita/3536283/galeri-indonesia-kaya-kembali-dibuka-di-grand-indonesia-mall

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya