Sarung Hingga Syal Karya Siswa SMK Gaet Pangsa Internasional di Fashion InStyle Hongkong


Posted : 08 May 2023

JawaPos.com – Pasar fashion dunia memang terbuka untuk siapa saja yang mempunya bakat. Tak terkecuali karya salah satu siswa SMK NU Banat Kudus yang berhasil melenggang di Hongkong Fahsion Week atau Fashion InStyle.

Bertempat di Hongkong Convention & Exhibition Center, Efi Afifah, berhasil menampilkan 6 busana yang memadukan kain lurik dan linen rami. Tak hanya mengedepankan pakaian yang kekinian, Efi juga menggunakan konsep zero waste fashion.

Sebelumnya, Efi terpilih menjadi juara 2 Modest Young Designer Competition (MYDC) 2023 dengan tema yang terinspirasi dari ombak laut dan mengusung konsep zero waste fashion. Pemilihan konsep zero waste fashion menjadi perhatian Efi dengan menerapkan teknis potong pola bahan yang memungkinkan sisa potongan bahan dirancang untuk menjadi pakaian sejak awal proses.Seluruh potongan bahan memiliki fungsi yang dapat disatukan serta digunakan kembali sehingga tidak meninggalkan limbah tekstil. Kombinasi warna pada linen rami tersebut diaplikasikan dalam bentuk blus, rok, outer, dan sarung. Aksentuasi berupa tali dan obi menjadi penghias koleksi ini.Tak hanya mengikuti show, siswa SMK binaan Djarum Foundation ini pun mengikuti yang diikuti pula oleh ratusan desainer dan merek dari beberapa negara. Efi menjadi satu-satunya desainer yang masih duduk di bangku sekolah. “Tentu saya senang dan bangga menjadi satu-satunya siswa SMK dari Indonesia yang mengikuti pameran dagang dan fashion show di acara ini. Apalagi bisa mendapatkan pembeli dari luar negeri,” ujar Efi Afifah.

Selama 4 hari mengikuti pameran dagang, karya Efi berhasil mendapatkan perhatian khusus dari pembeli untuk negara Maldives. Diungkapkan Cici Chen, yang membeli karya Efi, koleksi sarung, long dress hingga syal yang ditampilkan memang bagus.  Tidak hanya dari Maldives, pembeli mancanegara lainnya juga tertarik untuk membeli koleksi. Antara lain dari negara Hong Kong, Thailand, China, dan merek CSD dari Prancis.

Sumber: https://www.jawapos.com/lifestyle/01573588/sarung-hingga-syal-karya-siswa-smk-gaet-pangsa-internasional-di-fashion-instyle-hongkong

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya