Cerita Siswa SMK Asal Kudus Berhasil Mendapatkan Pesanan Busana dari Hong Kong Fashion Week


Posted : 06 May 2023

Fimela.com, Jakarta - Efi Afifah seorang siswa jurusan tata busana di SMK NU Banat Kudus, karyanya berhasil dipamerkan dalam pameran dagang dan fashion show di Hong Kong Fashion Week yang kini berganti nama menjadi Fashion InStyle bertempat di Hong Kong Convention & Exhibition Center pada tanggal 19–22 April 2023.

Dalam pameran dagang yang diikuti oleh ratusan desainer dan merek dari beberapa negara, Efi menjadi satu-satunya desainer yang masih duduk di bangku sekolah. Senyum bahagia terlihat di wajah Efi ketika ditemui dalam perhelatan tersebut.

“Tentu saya senang dan bangga menjadi satu-satunya siswa SMK dari Indonesia yang mengikuti pameran dagang dan fashion show di acara ini. Apalagi bisa mendapatkan pembeli dari luar negeri. Kesempatan ini akan menjadi langkah awal dan bekal saya untuk menjadi seorang desainer, tentunya saya akan terus belajar dan mencari pengalaman lagi,” cerita Efi Afifah kepada Fimela.

Selama 4 hari mengikuti pameran dagang, karya Efi berhasil mendapatkan perhatian khusus dari Cici Chen, seorang agen pembelian untuk negara Maldives. Menurut Cici, koleksi yang dibuat Efi memiliki desain yang menarik perhatiannya, seperti produk sarung, long dress, dan syal yang cocok untuk pasar di negara Maldives.

“Desainnya bagus jadu kami berminat,” ujar Cici Chen saat berkunjung ke booth Efi.

Tidak hanya dari Maldives, pembeli mancanegara lainnya juga tertarik untuk membeli koleksi dan menjalin transaksi bisnis lebih lanjut. Antara lain dari negara Hong Kong, Thailand, China, Maldives (Maladewa), dan merek CSD dari Prancis.

Desain perpaduan kain sarung


Selain mengikuti pameran dagang, siswa SMK NU Banat Kudus yang merupakan salah satu SMK binaan Djarum Foundation ini, juga mendapatkan apresiasi dari tamu undangan saat memamerkan karyanya dalam fashion show di perhelatan tersebut. Efi berhasil memadukan kain lurik dan linen rami menjadi 6 busana yang memukau dengan tetap menerapkan konsep zero waste fashion.

Seorang tamu undangan dari Hong Kong, Adrian, menyampaikan rasa kagumnya setelah melihat koleksi Efi dalam fashion show tersebut.

“Saya tidak menyangka bahwa koleksi tadi dibuat oleh anak muda, hebat sekali dan semoga semakin sukses,” tutur Adrian.

Juara 2 Modest Young Designer Competition


Sumber: https://www.fimela.com/fashion/read/5278486/cerita-siswa-smk-asal-kudus-berhasil-mendapatkan-pesanan-busana-dari-hong-kong-fashion-week


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya