Bakti Lingkungan Djarum Foundation Ajak Mahasiswa Undip Perkuat Literasi Digital untuk Siap Sadar Lingkungan - Suara Merdeka


Posted : 05 Jun 2024

SEMARANG, suaramerdeka.com - Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) menyelenggarakan kampus sadar lingkungan (daring) literasi digital di Gedung Prof Sudarto Undip Tembalang Semarang, Rabu, 5 Juni 2024.

Literasi digital ini akan menghadirkan pembicara Director Communications BLDF Mutiara Diah Asmara, Rektor Undip Prof Suharnomo, wakil pemimpin redaksi Harian Kompas Haryo Damardono, dan kreator konten terkait lingkungan Jerhemy Owen.

Mutiara Diah Asmara mengatakan ajakan sadar lingkungan yang dilakukan Bakti Lingkungan Djarum Foundation selain melakukan penanaman pohon juga mengajak generasi muda memperkuat literasi digital soal lingkungan.

Sehingga dengan literasi digital yang kuat akan bisa mengajak dan memengaruhi generasi muda untuk sadar menjaga lingkungan.

Menurutnya ditengah padanya arus informasi dan mudahnya distorsi pesan dalam komunikasi saat ini, perlu upaya lebih untuk meningkatkan pemahaman khalayak akan berbagai isu termasuk isu lingkungan.

"Hal untuk menjaga lingkungan itu bukan hanya dilakukan pihak-pihak tertentu tapi mulai dari diri kita sendiri, salah dengan menanam pohon,"katanya.

Kampus Sadar Lingkungan (Daring) di Undip akan dilakukan pada bulan Agustus 2024.

Nantinya mahasiswa baru yang masuk masa orientasi, satu mahasiswa akan menanam satu pohon.

"Dan itu akan disosialisasikan lebih baik lagi salah satunya dengan literasi digital sadar lingkungan," ucapnya.

Dalam literasi digital itu, Bakti Lingkungan Djarum Foundation tak hanya menanam pohon, tapi juga bagaimana cara mengolah sampah dengan baik. Sehingga lingkungan juga akan terjaga dengan baik.

Mutiara menambahkan untuk membuat kesadaran tentang lingkungan tidak bisa hanya peran dari Bakti Lingkungan Djarum Foundation saja.

Salah satunya peran adalah mengandeng media yang bisa memberikan kesadaran kepada generasi muda lewat literasi digital yang akurat.

"Media adalah kanal-kanal yang dipercaya oleh masyarakat. Dan sini kita mengimbangi bersama-sama memberikan masukan yang sifatnya isu positif. Sehingga kita masih punya harapan melakukan sesuatu," jelasnya.

Rektor Universitas Diponegoro (Undip) , Prof Suharnomo menambahkan Undip selama ini juga telah melakukan penghijauan lingkungan.

Dan berterima kasih kepada Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang turut membantu mempercepat kesadaran menjaga lingkungan.

"Kami berterima kasih kepada Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang akan menghijaukan kampus kami yang ada di Rembang dan Batang," ungkapnya.

Sementara itu Jerhemy Owen, kreator konten dan perwakilan anak muda mengakui bahwa ketersediaan informasi digital menjadi salah satu faktor penarik kepedulian pada isu lingkungan.

"Hal ini yang saya optimalkan dalam meningkatkan kesadaran tentang lingkungan, menarik perhatian media agar pesan teramplifikasi lebih luas, dan dapat membuka ruang partisipasi serta kolaborasi digital bersama para pemangku kepentingan,” kata Jerhemy.

source: https://www.suaramerdeka.com/semarang-raya/0412841622/bakti-lingkungan-djarum-foundation-ajak-mahasiswa-undip-perkuat-literasi-digital-untuk-siap-sadar-lingkungan?page=2

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya