BUDAYA

Jurnal Indonesia Kaya #62: Menikmati Surga Tersembunyi yang Berada di Kuningan Jawa Barat


Kuningan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Secara geografis Kuningan berdampingan dengan Cirebon di sebelah utara, Majalengka di barat, dan Tasikmalaya di selatan.

Buat kamu yang masih asing dengan daerah Kuningan, ternyata kabupaten ini memiliki banyak surga tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri. Banyak wisata alam yang bisa kamu kunjungi, apalagi Kuningan berdekatan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Dalam kesempatan kali ini, Febrian bakal menjelajahi wisata seru yang ada di Kuningan. Tempat pertama yang dia kunjungi adalah Gedung Perundingan Linggarjati atau yang kini dikenal dengan Museum Linggarjati. Setelah puas berkeliling di sekitar museum tersebut, Febrian pun beralih ke wisata sejarah lain yaitu Taman Purbakala Cipari.

Tidak hanya wisata sejarah, Febrian pun juga berkunjung ke beberapa wisata alam dan juga wisata religi yang ada di Desa Cigugur. Bahkan, dia juga tidak lupa menikmati dan membeli oleh-oleh makanan khas Kuningan yakni tape ketan.

Uniknya, tape ketan yang dibungkus dengan daun ini dimasukkan ke dalam ember sebagai kemasannya. Pemakaian ember kecil hitam untuk tempat tape ini bertujuan agar air cucuran dari daun tape tersebut bisa tertampung dan tidak berceceran ke mana-mana.

Nah, penasaran tempat lain mana aja yang dikunjungi Febrian selama di Kuningan? Yuk, saksikan selengkapnya dalam video berikut!

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google