Atlet-Atlet Unggulan Melaju ke Babak Final

Posted : 17 Nov 2023

KUDUS, 17 November 2023 - Perhelatan Polytron Gubernur Cup 2023 yang berlangsung di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, akan memasuki babak pamungkas pada Sabtu (18/11). Sejumlah atlet-atlet berstatus unggulan di berbagai kategori menunjukkan taji mereka dan berhasil menjejakkan kaki di fase final. 

Pasangan Ganda Campuran U-17 asal PB Djarum Theodorus Steve Kurniawan/Leonora Keyla Frandrica yang berstatus unggulan pertama sukses melaju ke final usai mengandaskan perlawanan rekan satu klub mereka, Muhammad Lutfhi Habibi/Jane Maira Faiza setelah melakoni drama tiga gim 21-15, 15-21, dan 21-8. Kemenangan ini semakin memuluskan target mereka yakni meraih gelar kampiun pada Polytron Gubernur Cup 2023.

"Di semifinal, kami bisa menang karena sudah tahu permainan mereka. Di set pertama bisa kami tampil bagus, tetapi saat set kedua kami kurang fokus dan kesulitan untuk bermain lebih menekan. Di set ketiga kami mampu menunjukkan lagi permainan terbaik sehingga mampu menang cukup telak," kata Leonora. 

"Tahun ini kami ditargetkan menjuarai empat turnamen dan Polytron Gubernur Cup 2023 menjadi salah satu yang diprioritaskan. Jika berhasil, ini merupakan pencapaian kedua kami menjadi juara pada 2023," ujar Theodorus menambahkan. Sebelumnya, mereka berhasil menjadi kampiun di ajang Scarlett Badminton Open Tournament di sektor Ganda Remaja Campuran.

Sementara itu, beralih ke kategori Tunggal Putra U-17, terjadi kejutan yang ditunjukkan unggulan ketiga, Arga Nugraha Sigfar, Di babak semifinal, pemain asal Mutiara Cardinal Bandung ini sukses menghentikan laju Yarits Al Kaaf Rengganingtyas dari PB Djarum yang berstatus unggulan pertama. Arga sampai di final usai menuntaskan laga yang berlangsung tiga gim dengan kemenangan 21-16, 18-21, 21-9. 

"Di pertandingan tadi lawan saya juga bermain bagus, terutama di gim kedua. Akan tetapi, saya bisa bermain lebih disiplin, sabar, dan tidak melakukan banyak kesalahan sendiri. Baru di gim ketiga saya akhirnya bisa menyelesaikan laga dengan kemenangan lebih cepat," kata Arga.

Mencapai final dan berpeluang menjadi juara pada Polytron Gubernur Cup 2023 semakin menegaskan tren positif yang sedang diperlihatkan Arga. Pasalnya, sebelumnya ia juga berhasil menyabet status juara di ajang Sirkuit Nasional A 2023 - Jakarta. 

Pada partai final besok, PB Djarum memiliki kans besar meraih gelar juara umum pada turnamen ini. Pasalnya, sebagai tuan rumah, klub yang bermarkas di Kudus tersebut menjadi klub yang mengirimkan pemain paling banyak yakni 133 atlet. Bahkan, PB Djarum juga mengikutsertakan atlet-atlet lulusan ajang pencarian bakat bertajuk Audisi Umum PB Djarum 2023 yang baru bergabung pada Juli lalu.

Beberapa di antara mereka di luar dugaan mampu tampil begitu kompetitif sehingga berhasil melangkah ke final Polytron Gubernur Cup 2023. Bakat muda seperti Muhammad Ridho Nuris, Gavriel Aldrich Alharon Labatar, dan Hafizah Hasanah Zahra mampu mencapai final di kelas Tunggal Putra U-11 dan Tunggal Putri U-11. 

"Tujuan dari mereka diikutsertakan di Polytron Gubernur Cup 2023 untuk melihat sejauh mana peningkatan mereka setelah bergabung dengan PB Djarum," kata Koordinator Tim Pencari Bakat PB Djarum, Sigit Budiarto.

"Sebelum Polytron Gubernur Cup 2023, mereka juga sudah mengikuti beberapa turnamen di level nasional. Saya juga berharap mereka bisa mulai menunjukkan daya saing dengan menjadi juara, termasuk di turnamen ini. Dengan begitu, apa yang sudah PB Djarum putuskan saat memilih mereka dalam Audisi Umum 2023 adalah yang terbaik dan sanggup bertumbuh sebagai juara di berbagai ajang," tuturnya.

Polytron Gubernur Cup 2023 mempertandingkan 23 kategori yang meliputi U-11, U-13, U-15, U-17, U-19 dan kelompok umur dewasa baik di sektor tunggal, ganda dan campuran. Di ajang ini juga memperebutkan poin nasional karena masuk dalam kalender PBSI dan menyajikan hadiah total Rp.600 juta. Untuk kamu badminton lovers, saksikan dan beri dukungan secara langsung kepada para atlet yang berlaga di Polytron Gubernur Cup 2023 di GOR Djarum, Jati, Kudus. Turnamen ini terbuka untuk umum dan dapat disaksikan secara gratis.


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya