Darling Squad Ikuti Green Camp di Candi Gedongsongo

Posted : 05 Mar 2020

SEMARANG, 5 Maret 2020 – Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui program “Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling)” mendorong generasi milenial untuk senantiasa mencintai dan menjaga lingkungan melalui aksi nyata yang dilakukan oleh Darling Squad. Adapun Darling Squad ialah para mahasiswa yang aktif menjadi volunteer dalam setiap kegiatan lingkungan yang bertujuan memperbaiki jejak kerusakan terhadap bumi ini.

Tak hanya mencintai lingkungan, Siap Darling juga mengajak Darling Squad untuk menemukan berbagai gagasan kreatif yang bisa diimplementasikan dalam aksi lingkungan. Nantinya konsep lingkungan yang terpilih akan direalisasikan lewat program selanjutnya.

Kali ini Siap Darling mengajak 50 Darling Squad yang berasal dari 28 universitas di Indonesia. Mereka akan melakukan penanaman dan focus group discussion yang dibalut dalam green camp di Kompleks Percandian Gedongsongo, Semarang, Jawa Tengah pada Rabu (4/3).

Mutiara Asmara, Communication Director Djarum Foundation mengatakan, Siap Darling diharapkan menjadi wadah para generasi milenial untuk bergerak bersama dan mencintai lingkungan dengan caranya masing-masing dari mereka. Diharapkan generasi muda dapat merasakan kebanggaan dan tumbuh rasa memiliki terhadap alam dan lingkungan.

Bakti Lingkungan Djarum Foundation ingin mendukung kobaran semangat para milenial, karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Cinta lingkungan harus ditanamkan sejak masa muda. Melalui Siap Darling, diharapkan semakin banyak Darling Squad yang peduli dalam menjaga kelestarian alam serta warisan sejarah,” kata Mutiara.

Dalam kegiatan ini, Bakti Lingkungan Djarum Foundation menjabarkan kerangka utama program Siap Darling untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan di Indonesia. Dikemas dalam paparan edukasi dengan tema “Bergerak Bersama Untuk Lingkungan”.

Setelah mendapatkan pemaparan yang cukup tentang lingkungan, para Darling Squad kemudian menjalani sesi focus discussion group (FDG) untuk beradu ide dan gagasan kreatif perihal upaya penyelamatan lingkungan.

Penyelenggaraan focus group discussion yang dikemas dalam format green camp ini bertujuan untuk mengajak generasi milenial terlibat aktif memikirkan upaya penyelamatan lingkungan. Dan melalui kegiatan ini pula kami mendapatkan banyak ide-ide cemerlang yang berasal dari sudut pandang mahasiswa yang kelak bisa kami wujudkan,” ujar Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Tania Anggriani.

50 Darling Squad yang mengikuti green camp pun berikutnya akan mengikuti rangkaian kegiatan penanaman di hari kedua pada Kamis (5/3) bersama dengan 200 mahasiswa lainnya yang datang dari berbagai universitas di Indonesia.

Sejak diluncurkan di akhir tahun 2018, Siap Darling telah berhasil menjaring 1,942 Darling Squad yang berasal dari lebih dari 122 Universitas di Indonesia dan 1,453 diantaranya sudah melakukan penanaman di Kawasan Candi Prambanan, Situs Ratu Boko, Candi Ijo, Benteng Van Den Bosch, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen serta Kompleks Percandian Gedongsongo dengan total lebih dari 10,800 pohon dan semak berbunga tertanam.

 


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya